PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI SETTING KOOPERATIF YANG MELIBATKAN TEORI BRUNER PADA KELAS VII MTs NEGERI BONTOTANGGA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardin, 2013.Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik setting Kooperatif Tipe NHT pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga . Tesis Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.
Arikunto, Suharsimi. 1991. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Anita, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persegi dan Persegipanjang dikelas VII SMP Negeri Palopo. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.
Dahar, R.W. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen P dan K Direktorat Jendral Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan..
Depdikbud. 1996. Kurikulum Pendidikan Dasar (Berdasarkan Suplemen 1999). Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi, Teori-teori Perkembangan Kognitif dan Proses pembelajaran yang relevan. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasraruddin. 2002. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Unit Geometri dengan Pendekatan Realistik di SMPN 6 Medan. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Harahap Negoro, 1999. Ensklopedia Matematika. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia
Ibrahim, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Junaedi, D. dkk. 1998. "Penuntun Belajar Matematika untuk SLTP". Mizan: Bandung.
Johnson, D.W. & Johnson, R.T. 1994. Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning, Fourth Edition. Massachn usets: Allyn & Bacon.
Kemp, J. E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan. Asril Marjohan. Bandung: ITB.
Lie, A. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Nurwati, 2007. Pembelajaran Metemetika Realistik di Kelas VII SMP 32 Surabya Tesis Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.
Nur M. 2001. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Unesa University Press.
Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murdanu, dkk. 1999. Unsur-unsur Karangan Euclide. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana IKIP Surabaya
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Rich Barnett, 2005. Geometri. Jakarta: Erlangga
Sastria eka 2011. Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Metematika Di Kelas VII SMP 3 Bulukumba. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana PMG.
Suherman, E.H. dkk, (2001). Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontemporer . JICA-Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Suherman,Erma. dkk (1994). Strategi Belajar Metematika. Universitas Terbuka,Depdikbud. Jakarta
Sukahar, (1989). “Aljabar” University Press IKIP Surabaya. Surabaya
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdikbud: Jakarta.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.PT Rineka Cipta:Jakarta
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstuktivistik . Kencana Prenada Media Group.Jakarta
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tritahardja Umar. 2005, Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta: Jakarta
Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta :Pustaka Belajar
Winataputra,dkk. (1994). "Belajar dan Pembelajaran". U.T. Depdikbud: Jakarta.

Article Metrics


Alamat Penyunting & Distribusi:
Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: pepatudzujurnal@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.