IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SQUARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANG KABUPATEN MAMASA

Suhaeba Nur

Abstract


The purpose of this study to find out; differences in learning outcomes Civics learners using a model cooperative learning techniques Think Pair Square (TPS) with those using model lectures in class VII SMP Negeri 2 Bambang Mamasa, with the kind of experimental research, with a sample of students of class VII SMP Negeri 2 Bambang totaling 46 people. Data collection techniques used were observation sheet, study and documentation of test results. The results showed that the average value of learning outcomes in the classroom civics experiment on stage prettest of 61.46 and a middle category with the percentage as much as 79.2% and the posttest phase values obtained an average of 78.12 and in the category high percentage of as much as 95.8%. While the average value of learning outcomes in the classroom Civics pretest control on stage at 61.14 and the middle category with the percentage as much as 72.7% and the posttest phase values obtained an average of 71.82 and at high category with a percentage 63.4%.

Keywords


Learning model; Think Pair Square; civics learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik Omar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati Mimin. 2008. Metode da Teknik Penilaian Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Helena. 2004. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model penerapannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Isjoni. 2012. Pembelajran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jauhar Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM: dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL. Jakarta: Prestasi Pustaka Karaya.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontestual Konsep dan Aplikasinya, (Cetakan Pertama). Bandung: PT.Refika Aditama

Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. (Cetakan ketiga). Jakarta : Rineka Cipta

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan (cetakan ke1). Bandung : PT. Prestasi Pustakaraya

Niken Y Astiti. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (online), (http://maz-vicarious.blogspot.com/2012/03/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html, Diakses 18 Juni 2016)

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

PERMENDIKNAS. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Rahayu Dewi Retno. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Think Pair Square dengan Menggunakan Media LKS terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar Kelas VIII Semester I di SMP N 1 Undaan Kabupaten Kudus Tahun ajaran 2010/2011. Semarang: IKIP PGRI Semarang

Riduwan. 2013. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi ke-1). Jakarta: Rajawali Pers.

. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi ke-2). Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan (Cet. VII). Jakarta: Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Soemantri Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Uno Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Winarno. 2008. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v12i1.56

Article Metrics

Abstract views : 226 times | PDF - 113 times


Alamat Penyunting & Distribusi:

Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: pepatudzujurnal@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter