PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE MAIN PERAN BERBASIS BUDAYA LOKAL "SIRONDO-RONDOI" UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bermain peran berbasis budaya lokal Mandar yang efektif dan efisien untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini di Kabupaten Majene. Anak-anak di usia PAUD, khususnya di TK, perlu berinteraksi dengan lingkungannya untuk mengembangkan kemampuan sosial mereka. Melalui interaksi sosial, anak memperoleh pengalaman yang membangun pengetahuannya, sebagaimana dikemukakan oleh Vigotsky. Namun, hasil observasi di TK Fathinah menunjukkan bahwa beberapa anak mengalami kesulitan dalam bekerja sama dan bersosialisasi. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode bermain peran yang berbasis pada budaya lokal Mandar, yaitu sirondo-rondoi, dalam kegiatan main peran dengan subjek anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan model ADDIE yang akan menghasilkan sebuah produk model pengembangan main peran dalam mengenalkan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran berbasis budaya lokal secara signifikan meningkatkan perkembangan sosial anak. perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal telah memenuhi kriteria kevalidan dengan ketercapaian keaktifan anak rata-rata berada pada kategori baik sehingga aktivitas anak selama kegiatan belajar memenuhi kriteria ideal yaitu berada dalam kategori tinggi. Dengan demikian, integrasi budaya lokal dalam kurikulum pendidikan anak usia dini tidak hanya meningkatkan kemampuan sosial anak tetapi juga memperkaya pengalaman pendidikan mereka dengan nilai-nilai budaya yang penting.
Keywords
References
Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.(Jakarta: Kencana, 2011), h.152
Bodi, Muh. Idam Khalid, 2007. Lokal Wisdom, Benang Untaian Mutiara Hikmah Dari Mandar Sulawesi Barat. Cet. II; Jakarta: Nuqtah.
Cappelen, A., List, J., Samek, A., & Tungodden, B. (2020). The effect of early-childhood education on social preferences. Journal of Political Economy, 128(7), 2739-2758.
Direktorat Nilai Budaya. (2000). Keterampilan, Strategi, dan Persaingan. Download/20 internet/lomba-permainan.htm (23 Maret 2011).
Dyah M. Sulistyati Sri Wahyaningsih I Wayan Wijania. Buku panduan Guru. Projek penguatan profil pelajar Pancasila. Kementrian Pendidikan, kebudayaan, riset, dan tekhnologi Republik Indonesia. 2021
Galuh, B. P., & Fauziah, E. (2019). Meningkatakan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B Di Tp Paud Mawar Ii Desa Tegalongok Kec. Koroncong Kab Pandeglang. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 4(1), 53-91.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Jumaita Nopriani Lubis. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Izza, H. (2020). Meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini melalui metode proyek. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951-961.
Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(2), 1-22.
Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Merdeka kreasi group.
Lestari, P. (2018). Evektifitas Metode Bermain Peran Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak- Kanak Assalam 2 Sukarame. Bandar Lampung.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: UNESA
Putra akbar prikarsa dwi, 2018. (n.d.). Implementasi Nilai-Nilai Adat Perkawinan Mandar Dalam Keberlangsungan Hubungan Suami Istri Di Desa Bonde Kecamatan Campaalgian Kabupaten. Polewali Mandar.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Perandalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasaanak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika 1-4 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3686
Sando, O. J., Sandseter, E. B. H., & Brussoni, M. (2023). The Role of Play and Objects in Children’s Deep-Level Learning in Early Childhood Education. Education Sciences, 13(7), 701.
Semiawan, C.R. (1997). Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Pendidikan Usia Dini ( Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta:Prenhallindo
Solehuddin. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung : FIP Universitas Pendidikan Indonesia
Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Yusuf, W., & Rahmat, A. (2020). Model Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Di Tk Negeri Pembina Telaga Kabupaten Gorontalo. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, 61-70.
Yulia Siska, Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Khusus 2, 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v20i2.5725
Article Metrics
Abstract views : 2 times |Alamat Penyunting & Distribusi:
Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: pepatudzujurnal@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.