PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN BERBASIS KERIFAN LOKAL MENGGUNAKAN METODE HABIT FORMING PADA SISWA KELS VIII C SMP NEGERI MAPILLI
Abstract
Jenis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri Mapilli berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes.Buku yang telah diulas dalam penelitian ini adalah buku mengenang Pahlawan Sulawesi Barat dan buku Tobarani. Kearifan lokal pada isi buku tersebut yaitu siriq,sibaliparriq (kerjasama), sipamandaq (satu kesatuan) dan barani (berani). Kemudian analisis data dilakukan dengan deskriftif kuantitatif dankualitatif., diperoleh nilai siklus l dan siklus ll. Siklus l diperoleh nilai rata-rata 68,90 setelah melakukan proses pembelajaran di siklus ll dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di siklus l nilai rata-rata peserta didik 78,65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran atau nilai yang diperoleh peserta didik siklus ll lebih baik dari hasil yang diperoleh peserta didik siklus l. Hal ini dapat dikatakan bahwa peningkatan keterampilan menulis teks ulasan berbasis kearifan lokal menggunakan metode habit forming pada siswa kelas VIII C SMP Negeri Mapilli sudah mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,sSuharsimi.dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asrifan, A., Muthmainnah, M., Al-Yakin, A., Sahabuddin, C., & Haedar, H. (2018). THE CAUSE-EFFECT TECHNIQUE IN TEACHING RECOUNT WRITING. JOURNAL OF ADVANCED ENGLISH STUDIES, 1(2), 63-72.
https://www.dosenpendidikan.co.id/kearifan-lokal/
https://ruangguru.co.id/pengertian-kearifan-lokal/
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
https://www.google.com/search?q=peningkatan+keterampilan+menulis+teks+ulasan&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b
Nusantariii, Rosida Putri. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semanuu dengan Media Arsip Ringkasan Cerita
Muthmainnah, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserta Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 63-74
Kurnia, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Berbasis Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Celebes Education Review, 1(2), 105-111.
Kurnia, K. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X Iis-4 SMA Negeri 8 Makassar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 72-84.
Tarigang,Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa
Muthmainnah, M., Asrifan, A., Al Yakin, A., & Sahabuddin, C. (2019, April). The use of dictogloss technique on ELT classroom: An experimental study of students listening comprehension. In PROCEEDINGS OF THE 65th TEFLIN INTERNATIONAL CONFERENCE (Vol. 65, No. 01).
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1132
Article Metrics
Abstract views : 261 times | PDF - 143 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.