PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GENERATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 4 POLEWALI

Fingki Fingki, Muthmainnah Muthmainnah, Kamaruddin Tone

Abstract


Jelas tidak menjadi pembicaraan isi sehingga sendat-tersendat berbicara didik peserta. Jelas kurang pendapat menyampaikan dalam didik peserta mayoritas observasi hasil oleh belakangi dilator ini penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berdiskusi dengan menggunakan strategi generatif pada peserta didik kelas IX SMP negeri 4 Polewali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah data kualitatif dan kuantitatif.Instrumen penelitian ini penelitian dalam yang digunakan penelitian yaitu tes, pedoman observasi, jurnal. Tekhnik data analisis ialah dengan cara analisis secara deskkriptif, peneliti menggunakan sistem skor/nilai. Oleh dilakukan telah yang statistic analisis hasil berdasarkan. peneliti, maka diperoleh nilai siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berdiskusi dengan menggunakan strategi generatif 67.61 setelah melakukan proses pembelajaran di siklus II 81.69. Setelah melakukan proses pembelajaran di siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan strategi generatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik Kelas IX SMP Negeri 4 Polewali. Selain perubahan sikap dan berada pada tingkat penguasaan matari antara 88 baik kategori pada berada yang dianalisis II siklus dan siklus I dan sehingga penelitian ini dikatan berhasil.


Keywords


Peningkatan, Berdiskusi, Strategi Generatif

Full Text:

PDF

References


Arsjad,. 2006:6. Indonesia bahasa kemampuan pembinaan. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. 2013. Penelitian autetik (kurikulum berdasarkan didik peserta belajar hasil penilaian 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta

Muthmainnah M. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserta Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. 2017 May 17;12(1):63-74.

Sadulloh, Said. 2009. Peranan Guru Terhadap Dunia Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Shoimin, Ariis. 2016. 66 Model kurikulum dalam inovatif pembelajaran model 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugihastuti, 2008:8 Analisis Guru Bahasa Indonesia Terhadap Materi Sastra. Universitas Negeri Jakarta

Tarigan, Hendri Guntur. 2015 bahasa keterampilan suatu sebagai berbicara. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1143

Article Metrics

Abstract views : 132 times | PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter