PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TAPANGO

Hasbiana Hasbiana, Sulihin Azis, Muh. Muzani Zulmaizar

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini ialah berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa kemampuan menulis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapango sangat rendah khususnya pada materi puisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan media film dokumeter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapango. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan observasi dan analisis tes. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, dokumetasi dan tes. Tekhnik analisis data ialah dengan cara menelaah data, reduksi data, penyajian dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis statistic telah dilakukan oleh peneliti maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus I keterampilan menulis puisi siswa melalui pengginaan media film dokumenter ialah 73.18, setelah melakukan proses pembelajaran di siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87.00. sehingga kesimpulannya adalah penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapango. Selain perubahan sikap dan berada pada tingkat penguasaan materi antara 89% berada pada kategori baik yang dianalisis dari siklus I dan siklus II sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.


Keywords


Peningkatan Menulis, Film Dokumenter, Puisi

Full Text:

PDF

References


Andriani, Andriani, Chuduriah Sahabuddin, and Sulihin Azis. Pengaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Prosiding 3.1 (2017)

Arsyad, Ahmad 2019. Media Pembelajaran. Depok : RajaGrafindo Persada

Ayawalia, Gerzon R. 2008. Dokumenter Dari Ide Sampai Produksi. Jakarta FFTV-IKJ

Mafrukhi, 2007. “Bagaimana Peningkatan Kemampuan Membaca”. Jakarta :Erlangga

Marliana, 2016.”Analisis Jurnal Pengajaran Bahasa Indonesia”. Jakarta Timur : Universitas Negeri Jakarta

Suhertuti, 2017. “Analisis Guru Bahasa Indonesia Terhadap Materi Sastra Pada KTSP Dan K13”. Jakarta TIMUR : Universitas Negeri Jakarta

Sugiarto, 2015. “Terampil Menulis”. Yogyakarta : Morfalingua

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta : PT Grasindo

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Tarigan, Henri Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1150

Article Metrics

Abstract views : 154 times | PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter