PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TAPANGO
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa kemampuan menulis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapango sangat rendah khususnya pada materi puisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan media film dokumeter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapango. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan observasi dan analisis tes. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, dokumetasi dan tes. Tekhnik analisis data ialah dengan cara menelaah data, reduksi data, penyajian dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis statistic telah dilakukan oleh peneliti maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus I keterampilan menulis puisi siswa melalui pengginaan media film dokumenter ialah 73.18, setelah melakukan proses pembelajaran di siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87.00. sehingga kesimpulannya adalah penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapango. Selain perubahan sikap dan berada pada tingkat penguasaan materi antara 89% berada pada kategori baik yang dianalisis dari siklus I dan siklus II sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Andriani, Chuduriah Sahabuddin, and Sulihin Azis. Pengaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Prosiding 3.1 (2017)
Arsyad, Ahmad 2019. Media Pembelajaran. Depok : RajaGrafindo Persada
Ayawalia, Gerzon R. 2008. Dokumenter Dari Ide Sampai Produksi. Jakarta FFTV-IKJ
Mafrukhi, 2007. “Bagaimana Peningkatan Kemampuan Membaca”. Jakarta :Erlangga
Marliana, 2016.”Analisis Jurnal Pengajaran Bahasa Indonesia”. Jakarta Timur : Universitas Negeri Jakarta
Suhertuti, 2017. “Analisis Guru Bahasa Indonesia Terhadap Materi Sastra Pada KTSP Dan K13”. Jakarta TIMUR : Universitas Negeri Jakarta
Sugiarto, 2015. “Terampil Menulis”. Yogyakarta : Morfalingua
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta : PT Grasindo
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
Tarigan, Henri Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1150
Article Metrics
Abstract views : 154 times | PDF - 116 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.