KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI PASAR BARU POLEWALI KAB. POLEWALI MANDAR

H.Mukhlis Hannan, Abd. Asis, Nirwana I

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pasar tradisional di pasar baru polewali, dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pungutan retribusi pasar baru polewali dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam pengelolaan pasar tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu gambaran tentang bagaimana pengelolaan di pasar baru polewali dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, adapun data yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dengan para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan pasar tradisional di pasar baru polewali sudah dilakukan dengan baik, petugas pasar baru polewali sudah berupaya memberikan pengelolaan secara maksimal terlihat dari pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya. Faktor yang mendukung dalam pengelolaan pasar baru polewali dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah adalah dengan banyaknya pedagang yang berdagang di pasar baru polewali pada saat musim buah-buahan dimana pedagang dari berbagai macam wilayah datang untuk berdagang di pasar tersebut. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah masih ada beberapa pedagang yang tidak melakukan penyetoran retribusi pasar dan parkiran kendaraan di pasar baru yang masih acak-acakan dikarenakan kurangnya kerjasama antara Ka. Pasar baru poleweali dengan petugas dari Dishub yang mengelola parkir kendaraan di pasar baru polewali.


Keywords


Pengelolaan Pasar Tradisional; Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin (2008). Pengantar Analisis Kebijkan Publik. Malang: Universitas Muhamammadiyah Malang Press.

Agustino Leo, Dasar-DasarKebijakan Publik, Alfabeta, Bandung, 2008

Djaenuri, A. (2012), Hubungan Keuangan Pusat – Daerah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hendri, Ma’aruf, 2005 Pemasaran Ritel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip and Gary Amstrong (1999), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Lexy J. Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mankiw, N . Gregory, 2006. Makroekonomi Edisi Ke enam. Jakarta: Gelora Aksara Pratama

Malano, Herman. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Masitoh, Eis, 2013, Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional (Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul), Jurnal PMI Vol. X No.2

Saryono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suharno. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik (Kajian Proses dan Analisis Kebijakan). Yogyakarta: UPT Negeri Yogyakarta.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Wirarno, Budi. 2007, Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Yogyakarta: Med.

Pres (Anggota IKAPI).

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Permendagri No. 20 Tahun 2012 tentang pengelolaan dan pemberdayaan pasar tradisional.

Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1154

Article Metrics

Abstract views : 479 times | PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.