PERSEPSI GURU TERHADAP METODE ICE BREAKING DI SMP NEGERI 5 CAMPALAGIAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap metode Ice Breaking di SMP N 5 Campalagian. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 12 guru di SMP N 5 Campalagian. terkait bagaimana persepsi guru dengan menerapkan metode Ice Breaking. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan persepsi guru terhadap metode ice breaking di SMP N 5 Campalagian Berdasarkan hasil penelitian, bahwa persepsi guru terhadap metode Ice Breaking, telah sesuai dengan indikator keterampilan mengajar guru.dengan menerapkan metode ini peserta didik menjadi lebih santai dan serius dalam belajar tidak ada rasa bosan yang muncul dari siswa ataupun jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung. Metode Ice Breaking adalah metode yang sangat tepat dan menarik yang digunakan dalam proses belajar mengajar dan peralihan situasi dari yang membosankan, membuat mengantuk, menjenuhkan, dan tegang menjadi rileks, bersemangat, tidak membuat mengantuk, serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk mendengarkan atau melihat orang yang berbicara di depan kelas atau ruangan pertemuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Euis Karwati,S.Kom. Donni Juni Priansa. 2019. Manajemen kelas (classroom management) Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, Dan Berprestasi. Alfabeta
Lai’ Lusia 2013. Persepsi Guru Terhadap Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru Disekolah Menengah atas Negeri 1 Nosu Kabupaten Mamasa.sudah di publikasikan
Latief, A. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X di Smk Negeri Paku. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 1-18.
Saroya Alaena 2014. Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhaap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di SMA Darussalam Ciputat.sudah di publikasikan
Sarah Sitti 2013.Efektivitas Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N Campalagian.sudah di publikasikan.
Syaodin, Nana (2006), Metode Penelitian Pendidikan : Bandung; Remaja Rosdakarya
V. Wiratna Sujarweni.2014. Metodologi Penelitian,Jogjakarta : Pustaka Baru Press
Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. PT Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1235
Article Metrics
Abstract views : 300 times | PDF - 187 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.