PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 1 MAPILLI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara dikelas VII SMP Negeri 1 Mapilli, diketahui peserta didik sulit mengekspresikan idenya bentuk ujaran secara runtuh pada saat berbicara didepan kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data penelitian ada dua yakni tekhnik tes dan non tes. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A yang terdiri dari 26 peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan pada peneliti yaitu teks, rekaman, pedoman observasi, wawancara. Tekhnis analisis data dalam penelitian ini menggunakan sistem analisis skor/nilai dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkak. Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dilakukan oleh peneliti, maka hasil penelitian menunjukkah bahwa pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara fabel melalui model pembelajaran Concept Attainment 58.00. Setelah melakukan proses pembelajaran disiklus II dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di siklus I nilai rata-rata peserta didik 83.00. Nilai rata-rata di siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa pengguanaan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII A SMP Negri 1 Mapilli.
Kata Kunci : Berbicara. Model Concept Attainment
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Friska. 2019. Model pembelajaranConcept Attainment (Online).
Harni. 2016. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Meaningfull Instruction Design. Skripsi Polewali: Universitas Al-Asyariah Mandar.
Muthmainnah. Peningkatan kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserts Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian. Pepatudzu : Media Pendidikandan Sosial Kemasyakatang 12.1 (2017): 63-74.
Restuti, Kosasih E. 2013 Bahasa Indonesia jakarta: Erlangga
Rusmini, Novi. 2002 Hambatan dalam Berbicara Bahasa Indonesia. Universitas Bandung.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantaran Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo
Sukriandi, Didik. 2006. Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia .
Supriadi, suhardjono. 2017 Penelitian Tindakan Kelas. jakarta: Bumi Aksara.
Tariga. 2009. Berbicara dan Pembelajaran. jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1391
Article Metrics
Abstract views : 112 times | PDF - 111 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.