PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 1 MAPILLI

Dahlia Dahlia, Chuduriah Sahabuddin, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara dikelas VII SMP Negeri 1 Mapilli, diketahui peserta didik sulit mengekspresikan idenya bentuk ujaran secara runtuh pada saat berbicara didepan kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data penelitian ada dua yakni tekhnik tes dan non tes. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A yang terdiri dari 26 peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan pada peneliti yaitu teks, rekaman, pedoman observasi, wawancara. Tekhnis analisis data dalam penelitian ini menggunakan sistem analisis skor/nilai dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkak. Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dilakukan oleh peneliti, maka hasil penelitian menunjukkah bahwa pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara fabel melalui model pembelajaran Concept Attainment 58.00. Setelah melakukan proses pembelajaran disiklus II dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di siklus I nilai rata-rata peserta didik 83.00. Nilai rata-rata di siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa pengguanaan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII A SMP Negri 1 Mapilli.
Kata Kunci : Berbicara. Model Concept Attainment


Keywords


Berbicara; Model Concept Attainment

Full Text:

PDF

References


Friska. 2019. Model pembelajaranConcept Attainment (Online).

Harni. 2016. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Meaningfull Instruction Design. Skripsi Polewali: Universitas Al-Asyariah Mandar.

Muthmainnah. Peningkatan kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserts Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian. Pepatudzu : Media Pendidikandan Sosial Kemasyakatang 12.1 (2017): 63-74.

Restuti, Kosasih E. 2013 Bahasa Indonesia jakarta: Erlangga

Rusmini, Novi. 2002 Hambatan dalam Berbicara Bahasa Indonesia. Universitas Bandung.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantaran Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo

Sukriandi, Didik. 2006. Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia .

Supriadi, suhardjono. 2017 Penelitian Tindakan Kelas. jakarta: Bumi Aksara.

Tariga. 2009. Berbicara dan Pembelajaran. jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1391

Article Metrics

Abstract views : 112 times | PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter