POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP JENJANG PENDIDIKAN ANAK-ANAK DI DESA MAMBULILLING KECAMATAN MAMASA KABUPATEN MAMASA

Desi Arruan Ponno, Sukadji Sarbi, Muh. Muzani Zulmaisar

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh Rendahnya tingkat Pendidikan yang terdapat di Desa Mambulilling kecamatan Mamasa kabupaten Mamasa dengan rata-rata tingkat pendidikan anak hanya sebatas tingkat SMA dan masih sangat kurang yang melanjutkan pendidikan di tingkat universitas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap jenjang Pendidikan anak-anak di Desa Mambulilling Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa.Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif.Populasi dalampenelitian ini adalah: (a) Penduduk yang sudah menikah ( b) memiliki Kartu Keluarga kemudian memiliki anak yang sudah bersekolah dengan jenjang pendidikan tertinggi. sampel dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak dengan kualifikasi jenjang tingkat pendidikan dasar, SMP, SMA dan perguruan tinggi yaitu penduduk desa yang terdiri dari 20 orang. Instrument yang digunakan yatu Angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini secara keseluruhan bisa tditarik kesimpulan berdasarkan hasil hasil angket diketahui bahwa tipe pola asuh demokratis dengan nilai rata-rata akumulasi tiap jawaban untuk pertanyaan mengenai pola asuh demokratis sebesar 120 sehingga dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua terhadap jenjang Pendidikan anak di Desa Mabulilling kabupaten Mamasa lebih dominan menganut pola asuh demokratis, karena dalam penelitian iniorangtua memenuhi keempat indikator pola asuh demokratis yaitu, orangtuamengakui anak sebagai pribadi oleh orangtua dan turut ikut melibatkan anak pada saat mengambil keputusan, orangtua memprioritaskan kepentingan anak tetapi masihterkontrol, meskipun memberikan kebebssasan kepada anak namun tetap terkontrol dengan baik dan orangtua melakukan pendekatan yang bersifathangat dengan anak.


Keywords


Pola Asuh, Orang tua, jenjang dan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anwar, K., & Gohar, M. S. (2014). Otomycosis; clinical features, predisposing factors and treatment

Arikunto, S. (2016). Statistika Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.

Arikunto, S. (2013). Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Amirin, M. (1990). Tatang. Menyusun Rencana Penelitian.

Hidayat, A. A. (2010). Metode penelitian kesehatan paradigma kuantitatif. Surabaya: Health Books Publishing.

Sugiyono, H. (2016). Metode kualitatif dan kuantitatif. Cetakan ke-23. Alfabeta, Bandung.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.1601

Article Metrics

Abstract views : 85 times | PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter