ANALISIS KESALAHAN LAFAL DAN DIKSI PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TAPALANG BARAT.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kesalahan lapal dan diksi dalam berinteraksi. Pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan atau menggambarkan keslahan lafal dan diksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptip kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan keslahan lafal dan diksi pada siswa SMP Negeri 4 Tapalang Barat. Analisis data dalm penelitian ini adalah mengeditifikassi, mengklasifikasikan, menganalisis dan mendeskripsikan temuan lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada kesalahan lapal siswa SMP kelas VIII terdapat 34 kesalahan yang berakibat pada fonem, kejelasan fonem dan penambahan fonem, sedangkan pada keslahan diksi atau pemilihan kata terdapat 13 kesalahan, hal itu disebabkan oleh pemilihan kata yang kurang tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa dan Balai Pustaka.
Prasetyo, Eko. (2011). “Keefektifan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Asadiyah Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar”. Skripsi. Makassar: FBS UNM.
Santoso, Puji dkk. (2006). Materi dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyawati, Nanik. (2010). Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sulastri, A., Yunus, N. H., & Riniawati, R. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Afiks dalam Makalah Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Al Asyariah Mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 51-60.
Sumadiria, Haris. (2010). Bahasa Jurnalistik Panduan Praktis Penulis dan Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tarigan, H.G. dan Djago Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Yulianti. (2010). “Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lappariaja Kabupaten Bone”. Skripsi. Makassar. FBS UNM.
Nasir, A. (2018). The Implementing of Think-Pair-Share (TPS) Strategy in Teaching Speaking Skills. Journal of Advanced English Studies, 1(1), 8-13.
Nasir, A. (2018). Implementing SBI (Strategies-Based Instruction) in Teaching Speaking Skills. Senior Editor: Paul Robertson, 39.
Nasir, A., & Andriani, A. (2020). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Sarana Meningkatkan Keterampilan Pelajar Bahasa Inggris Dewasa. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 133-141.
Nasir, A. (2020). The effect Think-Pair-Share (TPS) on reading comprehension of college students. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Yani, A., Fatimah, F., & Azis, A. (2021, June). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALU PENERPAN TEKNIK 3M (MELIHAT, MENIRU, DAN MENGEMBANGKAN) DI SMP NEGERI 4 TAPALANG BARAT. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 2).
Akbar, A. A. (2021). Efektifitas Minuman Bekatul Terhadap Kadar LDL dan HDL Siswa Sekolah Dasar Yang Obesitas.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1608
Article Metrics
Abstract views : 514 times | PDF - 257 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.