PERSEPSI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUBLIK TENTANG BPJS KESEHATAN MANDIRI DI DESA SEGERANG KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara jaminan social kesehatan) Merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemerintah dan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun dikalangan masyarakat muncu persepsi yang masih kurang baik dengan program BPJS Kesehatan, seperti kurangnya pelayanan petugas kesehatan dan sikap petugas kesehatan yang kurang ramah dan tempat/ruangan pasien terhadap pasien BPJS Kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaiman Persepsi Masyarakat dalam Implementasi Kebijakan publik tentang BPJS Kesehatan Mandiri. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat dalam implementasi kebijakan publik tentang BPJS Kesehatan mandiri di desa segerang kecamatan mapilli kabupaten polewali mandar. Instrument penelitian yang digunakan yaitu Angket, Wawancara dan Observasi, Sampel penelitian berjumlah 77 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat dalam implementasi kebijakan public tentang BPJS Kesehatan mandiri cukup Baik,yang dapat diketahui dengan menggunakan wawancara dan Angket dengan menggunakan rumus p= f / n x 100.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mania manja, 2017. Analisis hubungan persepsi bauran pemasaran dengan minat petani dalam kepesertaan BPJS Kesehatan Mandiri Di Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, jurnal kesehatan masyarakat, volume 5, nomor 3, juli 2017.
Widiastuti ika, 2017. Pelayanan badan penyelenggara jaminan social (BPJS) Kesehatan di jawa barat,jurnal ilmiah, volume 4 nomor 1 januari 2017.
Rajagukguk tiur, 2019. Ansssaisis implementasi kebijakan BPJS Kesehatan terhadap pelayanan puskesmas (type perawatan) di Kota Medan, Jurna Manajemen Volume 5 Nomor 2 (2019).
Suprapto, 2019. Implementasi Kebijakan diskresi pada pelayanan kesehatan badan penyelenggara jaminan kesehatan (BPJS), Jurnal imiah kesehatan vol 7,Issue,I,pp.1375,juni 2019.
Ramadhani Abdullah, 2017. Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik, Jurnal publik Vol. 11; No 01;2017;1-12.
Hartati widia, 2015. Kajian yuridis perubahan pt persero menjadi badan penyelenggara jaminan social (BPJS) kesehatan. Jurnal IuS, Vol. III Nomor 9 Desember 2015.
Rizal rosiana, 2017. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan sebagai mediasi terhadap loyalitas pasien.Jurnal sains farmasi dan klinis, Vol.03 No. 2 mei 2017.
Sujarweni V. Wiratna 2018. Metodologi Penelitian lengkap praktis dan mudah dipahami. m
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.1624
Article Metrics
Abstract views : 664 times | PDF - 276 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.