PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN SYNERGETIC TEACHING SISWA KELAS X SMAN 1 TAPALANG BARAT KABUPATEN MAMUJU
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas.Berdasarkan hahsil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 siswa 0 % berada pada kategori pemahaman konsep sangat tinggi. 32% pada kategori tinggi, 16% pada kategori sedang, 44% pada kategori rendah, dan 8% pada kategori hasil belajar sangat rendah. Sebelum penerapan strategi synergetic teaching pada siswa kelas X SMAN 1 tapalang barat kabupaten mamuju yang berada pada kategori sangat rendah 2 orang siswa dengan presentase 8%, siswa yang berada pada kategori rendah 11 orang dengan presentase 44%, siswa yang berada pada kategori sedang 4 orang dengan presentase 16%, siswa yang berada pada kategori tinggi 8 orang dan siswa yang berada pada kategori sangat tinggi tidak ada. Dengan demikian, kemampuan awal hasil belajar siswa tentang materi teori evolusi berada pada tingkat rendah dengan presentase 44%. Sedangkan kategori hasil belajar siswa setelah penerapan strategi synergetic teaching siswa kelas X SMAN 1 tapalang barat kabupaten mamuju siswa yang berada pada katergori sangat rendah tidak ada, siswa yang berada pada kategori rendah tidak ada, siswa yang berada pada kategori sedang tidak ada,
Kata Kunci. Strategi, peningkatan Kemampuan, menulis teks eksposisi
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1646
Article Metrics
Abstract views : 135 times | PDF - 118 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.