PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KARAKTER TOKOH MELALUI MODEL DRAMATIC LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. DDI KANANG

Rabiah Rabiah, Sulihin Asis, Aco Nasir

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di dalam kelas. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII.1I, sampel pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang terdiri dari 23 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan model dramatic learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat antara siklus pertama dengan siklus kedua pembelajaran yang telah dilakukan, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran menentukan karakter tokoh menggunakan model dramatic learning. Peningkatan hasil belajar tersebut adalah sebesar 29.69% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pertama ke siklus kedua peningkatan keaktifan belajar siswa mencapai 35.7% yang diperoleh dari setiap pembelajaran pada masing-masing siklus.

 


Keywords


Model Dramatic Learning, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Hassanuddin, W.S. 2013. Drama: Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Leonhardt, Mary. 2011. 99 Cara Menjadikan Anak “Keranjingan” Membaca. Bandung: Kaifa Publishing.

Mahayana, Maman S. 2014. Jawaban Sastra Indonesia. Jakarta: Bening Publishing.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Toha, Riris K. dan Sarumpaet. 2012. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Uno, Hamzah. B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Vuri, Devita. 2016. Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 24-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.1647

Article Metrics

Abstract views : 140 times | PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.