Terakreditasi Nasional(SINTA 5) Berdasarkan SK. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 10/C/C3/DT.05.00/2025, tanggal 21 Maret 2025.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KARAKTER TOKOH MELALUI MODEL DRAMATIC LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. DDI KANANG
Rabiah Rabiah, Sulihin Asis, Aco Nasir
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di dalam kelas. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII.1I, sampel pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang terdiri dari 23 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan model dramatic learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat antara siklus pertama dengan siklus kedua pembelajaran yang telah dilakukan, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran menentukan karakter tokoh menggunakan model dramatic learning. Peningkatan hasil belajar tersebut adalah sebesar 29.69% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pertama ke siklus kedua peningkatan keaktifan belajar siswa mencapai 35.7% yang diperoleh dari setiap pembelajaran pada masing-masing siklus.
Keywords
Model Dramatic Learning, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Hassanuddin, W.S. 2013. Drama: Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
Leonhardt, Mary. 2011. 99 Cara Menjadikan Anak “Keranjingan” Membaca. Bandung: Kaifa Publishing.
Mahayana, Maman S. 2014. Jawaban Sastra Indonesia. Jakarta: Bening Publishing.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Toha, Riris K. dan Sarumpaet. 2012. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Uno, Hamzah. B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Vuri, Devita. 2016. Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 24-30.