PENERAPAN TEORI AUSUBEL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP 6 MALUNDA

Iwan Iwan, Andriani Andriani, Muhammad Syaeba

Abstract


Peningkatan minat baca menjadi tujuan dalam penelitian ini.teori asusubel adalah yeori yang diterapkan pada peserta didik kelas VIII SMP 6 malunda sebagai upaya meningkatkan minat baca cerpen.jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian di smpn 6 malunda sejumlah 13 orang peserta didik yang terdiri dari 5 orang laki laki dan 8 orang siswa  perempuanpenerapan teori ausubel merupakan teori pembelajaran yang mengaitkan dengan gairah , rasa senang , ketertarikan dan antusias dalam pembelajaran.deskriptip kualitatif adalah analisis yang dipakai dalam penelitian ini.Hasil siklus I menunjukkan 82% , sedangkan padasiklus II peserta didik mampu memperoleh 92.3%. maka dari itu dapat dirangkum bahwa kemampuan membaca cerpen mengalami perubahan minat bacanyasiswakelas VIII SMPN 6 malunda setelah menerapkan teori ausubel.

 

Kata kunci : Membaca, Cerpen, Teori Ausubel.

Keywords


Membaca, Cerpen, Teori Ausubel.

Full Text:

PDF

References


Ausubel, 2002. Belajar Bermakna.

Chaer Abdul. 2007. Linguistik Umum Cetakan ke Tiga. Jakarta: Bhineka Cipta.

Fharida Rachim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryaman, 2011. Penelitian Pendidikan.

Nurhadi dan Suardi, 2011. Evaluasi Pembelajaran yang evektif dan menyenangkan, Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan.

Muliatiningsih, Endang. 2014. Metode penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1657

Article Metrics

Abstract views : 500 times | PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.