PENERAPAN TEORI AUSUBEL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP 6 MALUNDA
Abstract
Peningkatan minat baca menjadi tujuan dalam penelitian ini.teori asusubel adalah yeori yang diterapkan pada peserta didik kelas VIII SMP 6 malunda sebagai upaya meningkatkan minat baca cerpen.jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian di smpn 6 malunda sejumlah 13 orang peserta didik yang terdiri dari 5 orang laki laki dan 8 orang siswa perempuanpenerapan teori ausubel merupakan teori pembelajaran yang mengaitkan dengan gairah , rasa senang , ketertarikan dan antusias dalam pembelajaran.deskriptip kualitatif adalah analisis yang dipakai dalam penelitian ini.Hasil siklus I menunjukkan 82% , sedangkan padasiklus II peserta didik mampu memperoleh 92.3%. maka dari itu dapat dirangkum bahwa kemampuan membaca cerpen mengalami perubahan minat bacanyasiswakelas VIII SMPN 6 malunda setelah menerapkan teori ausubel.
Kata kunci : Membaca, Cerpen, Teori Ausubel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ausubel, 2002. Belajar Bermakna.
Chaer Abdul. 2007. Linguistik Umum Cetakan ke Tiga. Jakarta: Bhineka Cipta.
Fharida Rachim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryaman, 2011. Penelitian Pendidikan.
Nurhadi dan Suardi, 2011. Evaluasi Pembelajaran yang evektif dan menyenangkan, Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan.
Muliatiningsih, Endang. 2014. Metode penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1657
Article Metrics
Abstract views : 500 times | PDF - 192 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.