KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN MAMASA (Studi Kasus di Kecamatan Mamasa dan Kecamatan Tawalian)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mamasa dan Untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kualitas pelayanan publik pada Perusahaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mamasa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, untuk mengumpulkan data penelitian penulis melakukan observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan sudah baik baik, hanya saja dari segi empati (empathy), pelanggan merasa pihak PDAM belum peduli dengan pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan, karena masih adanya keluhan dari pelanggan mengenai pelayanan air bersih yang diberikan yaitu tentang kualitas dan kontiunitas air. Walaupun dari indikator yang lain pelayanan sudah dapat dikatakan baik.
Keywords
References
J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu
Ratminto dan Atik.2003. Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens Charter dan Standar PelayananMinimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufik. (2012). Empati: Pendekatan psikologi sosial. Jakarta: Raja Grafindo
Tjiptono, Fandy dan Gregorius.C. 2005. Service Quality dan Statisfication. Yogyakarta: Andi Offest
Yamit, Zulian. 2017. Manajemen Kualitas Publik dan Jasa. Yogyakarta: Ekosiana.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., dan Berry, L. L. 2003. Delivering Quality Service ; Balancing Customer Perception and Expectations, The Free Press, New York.
Jurnal :
Nur Fitrah. 2020. Efektivitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal MITZAL
Skripsi :
Ridho Adiputra Tambunan, 2014. Peran PDAM dalam Pengelolaan Bahan Air Baku Air Minum sebagai Perlindungan Kualitas Air Minum, Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, .
Peraturan Perundang – Undangan :
Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2132
Article Metrics
Abstract views : 417 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.