PERAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MOBIL ANGKUTAN UMUM DI KABUPATEN MAMASA

Semuel Semuel, Abdul Khalik, Hamdan Hamdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peran Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa dalam meningkatkan kualitas pelayanan Angkutan Umum dan untuk Mengetahui apa hambatan dalam pelayanan Angkutan Umum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk mengetahui Peran Dinas Perhubungan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Mobil Angkutan Umum di Kabupaten Mamasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan Key dan Informan Tambahan. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, yaitu menguraikan serta menginterpretasikan data yang di peroleh di lapangan dari key informan.  Hasil analisis menunjukkan bahwa dinas perhubungan Kabupaten Mamasa mempunyai peran sebagai regulator yaitu perumusan atau pembuat kebijakan seperti penentuan tarif angkutan umun dan kebijakan-kebijakan lainnya sudah, Sebagai fasilitator dibidang pelayanan angkutan umum seperti pelayanan perisinan. Sebagai pembina agar pengendara dapat memahami aturan-aturan selama menggunakan kendaraan . Sebagai pengawas atau controlling  yaitu pengawasan concurrent dan pengawasan umpan balik. Adapun hambatan dalam pelayananan angkutan umum yaitu meninkatnya angkutan pribadi, tingkat kenyamanan pengguna angkutan umum belum maksimal, serta kurangnya pegawai di dishub mamasa.


Keywords


Peran, Dinas Perhubungan, Kualitas, Pelayanan, Angkutan Umum

Full Text:

PDF

References


Abd Khalik, Muhammad Arawi, 2020. Manajemen Birokrasi dalam Pengembangan Karir dan Promosi Jabatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Polewali: Penerbit UNASMAN. Artikel MITZAL/Jurnal.

Adisasmita, Rahardjo 2015. Analisis Kebutuhan Transportasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamdan, H., & Ikhsan, M. I. M. (2019). The Future of Public Spaces and Inclusive Islam. Proceeding IAIN Batusangkar, 4(1), 113-120.

Narwoko, Dwi. 2016. Angkutan umum Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana. Noor,

P. Ivancevich. dkk. 2016. Angkutan . K. Morlok, Edward. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Prastowo, A. 2012. Metodologi penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yokyakarta: Ar-ruzz Media

Sugiyono. 2018. Ciri-ciri pelayanan Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukandarrumidi.T. 2006.Metode Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta : Gadjah Mada Universitiy Press.

Warpani,P.Suwardjoko. 2012 Pengelolah Lalu Lintas dan Angkutan Jalan :Bandung penerbit ITB.

Peraturan Bupati No 26 Tahun 2015 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Dan Rician Tugas Jabatan Struktural Pada Dinas Pergubungan, Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Mamasa Pasal 8 Ayat 1,2,3 Dan 4 Bidang Perhubungan Darat.

Peraturan Gubernur No 8 Tahun 2016 Tentang Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Angkutan Penumpang Antar Kota Dalam Provinsi Kelas Ekonomi di Jalan dengan Mobil Bus Umum dan Mobil Penumpang Umum dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Barat




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2144

Article Metrics

Abstract views : 48 times | PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter