EFEKTIFITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS KOPERASI, UMKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN MAMASA TAHUN 2020

Gaffar Almauly, Akhmad Al Yakin, Muh. Abid Alimuddin Lidda

Abstract


Penyelenggaraan pelayanan publik oleh aparatur pemerintah khususnya pelayanan rekomendasi SIUP bagi kalangan usaha masalah yang sering dikeluhkan adalah ketidakjelasan prosedur, biaya dan waktu pemrosesan izin yang tidak pasti selesainya, sehingga biaya yang dikeluarkan pada akhirnya tinggi. Untuk memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan izin secara mandiri maupun secara online tanpa harus datang ke kantor DISKUPERINDAG Kabupaten Mamasa dan proses penerbitan izin secara realtime. Dalam melakukan  penelitian melakukan pengamatan, wawancara, penelahaan buku, literature serta dokumen yang terkait. Selanjutnya data yang telah terkumpul  dilakukan penyederhanaan, dipresentasikan serta diakhiri dengan penyimpulan data melalui pemahaman dan penafsiran yang dijabarkan dalam bentuk penjelasan. Efektifitas pelayanan rekomendasi SIUP di DISKUPERINDAG, berdasarkan lima indicator sudah baik, ini dibuktikan pada saat pengurusan rekomendasi hingga penerbitannya SIUP berdasarkan SOP membutuhkan waktu 5 (lima) hari dan tanpa biaya. Untuk dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan manajemen kualitas mutu pelayanan atas responsivitas pegawai terhadap yang sudah baik, kedepan DISKUPERINDAG dengan revolusi Industri 4.0 khususnya pemanfaatan internet, melalui penerapan E-Government, yang selama ini menggunakan pelayanan secara konvensional, dan melalui komitmen pimpinan terhadap pemenuhan perizinan akan menerapkan pelayanan berbasis elektronik Online Single Submission (OSS) yang dapat memangkas waktu penerbitan SIUP menjadi 1 (satu) hari dan biaya pengurusan rendah serta prosedur pelayanan lebih jelas dan efektif.


Keywords


Efektifitas; SIUP; DISKUPERINDAG

Full Text:

PDF

References


ASSAURI, Sofjan. Strategic Management Sustainable Competitive Advantages, edisi 2, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016, 9.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Mamasa 2019. Mamasa dalam Angka 2019.Mamasa: Badan Pusat Statistik Kabupaten Mamasa.

POERWANTO, G. Hendra. Manajemen Kualitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.

SINAMBELA, Lijan Poltak. Teori Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi Cetakan Ketujuh. 2014.

Jurnal

AL YAKIN, Ahmad. Manajemen kelas di era industri 4.0. In: Jurnal Peqguruang Conference Series. 2019. p. 11-15.

DARWANTO, Darwanto. Peran Entrepreneurship Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. PROSIDING RISET TERAPAN BlDANG MANAlEMEN & BISNlS nNGKAT N4Sl0NAL JUIWSW ADMINlSTRASl BISNlS POLITEKNIK NEGERl SEMARANG 2012, 2012, 11-24.

ELDA, Elda; MURSALIN, Mursalin. Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayananan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 2020, 3.1: 13-27.

GUNAWAN, YONGKI SIDHARTA, et al. Penerbitan Izin Berusaha Melalui Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission) dalam Rangka Investasi. 2019. PhD Thesis. Universitas Airlangga.

HIKMI, Hilda Nurul, et al. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA PT. TASPEN (PERSERO) KCU BANDUNG). 2018. PhD Thesis. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

MONOARFA, Heryanto. Efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan publik: Suatu tinjauan kinerja lembaga pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 2012, 5.01.

NOERAINI, Irma Ayu; SUGIYONO, Sugiyono. PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 2016, 5.5.

PRAMUDYO, Anung. Implementasi manajemen kepemimpinan dalam pencapaian tujuan organisasi. Jurnal bisnis, manajemen, dan akuntansi, 2013, 1.2.

SATYA, Venti Eka. Strategi Indonesia menghadapi industri 4.0. Info Singkat, 2018, 10.9: 19-24.

SUCIATI, Lia Anjari. ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) BATIK (Studi kasus pada CV. Batik Marem, Yosowilangun Lor, Lumajang). 2019.

WARDININGSIH, Suprihatmi Sri. Perkembangan Teknologi Dan Sistem Informasi Untuk Peningkatan E-Government Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 2012, 7.1

Skripsi

Farid yusuf nur Achmad, 2005 melakukan penelitian efektifitas pelayanan public penerbitan izin usaha di Kota Baubau.

Nor Khalimah, Dra. Puji Astuti M.Si, Supratiwi S.Sos,M.Si tahun 2013. Melakukan penelitian Implikasi Penerapan Online Single Submission Pelayanan Perizinan Terpadu Terhadap Meningkatnya Iklim Investasi Di Kabupaten Kudus.

Peraturan dan Perundang-undangan:

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Undang Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik menjelaskan pengertian pelayanan public

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Teransaksi Elektronik

Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tanggal 9 Juni 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi dan Tata kerja Unit Pelayanan Perizinan Terpadu di Daerah

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Di Bidang Perdagangan




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2166

Article Metrics

Abstract views : 347 times | PDF - 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter