ANALISIS PENGELOLAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN MAMASA

Andriawan Andriawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan di intansi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mamasa dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan sebagai salah satu sektor sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mamasa. Ada beberapa macam pajak yang dipungut oleh pemerintah Kabupaten Mamasa diantaranya yaitu pajak penerangan jalan, pajak reklame, Pajak Bumi dan Bangunan, pajak restoran, pajak hotel, pajak hiburan, pajak pengambilan bahan galian golongan C, serta pajak pajak air bawah tanah. Salah satu jenis pajak yang dikelola oleh dinas pendapatan Daerah Kabupaten Mamasa yaitu Pajak Bumi dan Bangunan serta pedesaan dan perkotaan yang dianggap memiliki potensi-potensi yang masih belum maksimal pengelolaannya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan dasar penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi yang ditemukan selama studi penelitian ini dilakukan dari segi potensi optimalisasi pengelolaan PBB didukung oleh pertumbuhan penduduk yang mempengaruhi pula pertumbuhan ekonomi masnyarakat daerah Kabupaten Mamasa. Penghambat dalam merealisasikan implementasi pengelolaan PBB dipengaruhi dari kemampuan dari Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, hingga pengawasan dalam pencapaian pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan tidak menggunakan analisa yang akurat, rendahnya kepekaan pemerintah dalam indentifikasi poteensi pajak, lemahnya kemampuan pengelolaan Pajak berdasarkan asas manfaat dan asas keadilan akibat rendahnya Sumber Daya Manusia, dan lemahnya edukasi dan pembinaan serta pengembangan kapabilitas pengelola pajak secara berkelanjutan.

Keywords


Pengelolaan, Pajak Bumi dan Bangunan, Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2017). Peran Pemerintah Desa terhadap Peningkatan Pendapatan Partisipasi MasyarakatDalam pembangunan (Studi Kasus Desa Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Majene). Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi, Vol 2, No 1 .

Djadjuli, R. D. (2015). Pembangunan Ekonomi Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol. 1 No. 4.

Elmi, B. (2012). Keuangan pemerintah daerah otonom di Indonesia. Jakarta : Universitas Indonesia.

Horata, P. (2016). Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dalam Rangka Otonomi Daerah Melalui Potensi Pajak Dan Retribusi Daerah Di Kabupaten Jayapura. Jurnal Keuda, Vol. 2 No. 1.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Razak, R. (2017). Esensi Pembangunan Ekonomi Daerah. Makassar: Nala Cipta Litera.

Riduansyah, M. (2019). Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Jurnal Merdeka, Vol. 5 No. 4.

Riyono. (2014). Penghantar Akuntansi. Yogyakarta: UUP STIM YKPN.

Wardono, A. (2012). Kajian Pemetaan dan Optimalisasi Potensi Pajak Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Jember. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Worumi, H. (2018). Model Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten. Jurnal Ekologi Birokrasi, Vol.6 No.3.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2170

Article Metrics

Abstract views : 51 times | PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter