STUDI TENTANG PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MAMASA

Anike Langi Bamba, Aco Dahrul Saharuddin, Andriani Andriani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pelayanan Prima dalam Pembuatan Akte Kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang terdiri unit pelaksanaan teknis analisis implementasi pelayanan di dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Mamasa yaitu kepala dinas dan pegawai di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten mamasa serta masyarakat yang menerima pelayanan dari dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten mamasa berjumla 8 orang. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, yaitu menguraikan serta menginterpretasikan data yang di peroleh di lapangan dari key informan. Hasil analisis memberikan infromasi Kependudukan dan Status KewarganegaraanKabupaten Mamasa Penyusunan akta kelahiran yang baik di kantor tidak dilakukan dengan benar karena masyarakatmenerima prosedur pelayanan yang tidak mengikuti prosedur yang digariskan dalam standarpelayanan minimal. Pelayanan prima pembuatan akta kelahiran di KantorCatatanSipilMamasa dipengaruhi oleh banyakfaktor,antara lain: motivasi kerja, pengetahuan pegawai, dan kesejahtraan pegawai. sehingga perlunya ditingkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.


Keywords


Pelayanan prima;akta kelahiran

Full Text:

PDF

References


Andriani, Jamaluddin, 2018. Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sebagai Implikasi Undang-Undang Nomor 5 Tentang Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Malunda, Mitzal

Diahloka, C, dkk 2013 “Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai”.Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Hasanah, F, dkk. 2016 “Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Jade Bamboo Resto Yogyakarta”. Yogyakarta

Lallo L, 2015 “Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Toraja Utara” Makassar Universitas Hasanuddin.

Moleong, lexi J. 2014. “Metodologi penelitian kualitatif”. Rosdakarya,Bandung.

Nurwino,W.2016. “Pentingnya Penjaminan Kualitas Pelayanan Publik”. Medan: Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.

Oktovianus,Aco Dahrul,2020. Tipologi Nilai-Nilai Motivasi Pelayanan Publik di PDAM Kabupaten Mamasa. Mitzal

Rezha, F, dkk. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Universitas Brawijaya, Malang.

Risna, 2018 “Pelaksanaan Pelayanan Publik (Study Kasus Pelayanan Administratif Di Kantor Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaten Indrigari Hilir”, Riau. Universitas Riau.

Silvia, F 2014. “Pelayanan Prima Dsn Kepuasan Pelanggan Di Kantor Pelayanan Pembendahraan Negara (KPPN) Makasar”. Universitas Negeri Makassar, Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2244

Article Metrics

Abstract views : 182 times | PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter