PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEN INGKATKAN EKONOMI KREATIF DI DESA PUSSUI KECAMATAN LUYO (DITINJAU DARI PERSFEKTIF SOSIOLOGI)
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah: (1). Untuk Mengetahui Bagaimana Peran Tokoh Masyarakat Dalam Proses Peningkatan Ekonomi Kreatif Di Desa Pussui, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat; (2). Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan Ekonomi Kreatif Di Desa Pussui, Kecamatan Luyo, Kabpaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Metode penelitian skripsi ini adalah kualitatif deskriktif. Adapun peran tokoh masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kreatif di desa pussui yaitu pembentukan ekonomi kreatif dan proses hasil ekonomi kreatif dan sedangkan factor-factor yang mempengaruhi dan upaya peningkatan kegiatan ekonomi kreatif di desa pussui yait factor penghambat dan factor pendukung dalam hal ini factor penghambat adalah kurangnnya penyampaian pemerintah desa terhadap pentngnya ekonomi kreatif baik secara formal maupun informal, dan alat dan bahan sedangkan factor pendukung adalah pelatihan dan peralatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul HalilNurka (2012) “Pembagian gelombang perada ban ekonomi kedalam 3 gelombang”, Bandung .
Asis. Abd dan Rosdiana (2019) MITZAL Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Komunikasi. “Dampak Sosial Ekonomi Program Pembagian Beras Miskin Di Kecamtan Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa”. Jurnal Vol.4 No.1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar.
Arifin. Munawir (2017) MITZAL Jurnal Ilmu Pemerintahan. ”Peran Pemerintah Desa Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Kasus Desa Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Majene)”. Jurna; Vol.2 No.1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar.
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2009. “Pengembangan Ekonomi. Kreatif Indonesia 2025”, Jakarta : Departemen Perdagangan Republik.
Handayaningrat. (2004). “Pengantar study ilmu Administrasi dan Manajemen” Jakarta
Jasa Bursa Republik Indonesia:((2009) “bahwa bisnis imajinatif adalah industry yang dimulai dari penggunaan daya cipta, kemampuan dan bakat individu untuk berkembang dan bekerja dengan menghasilkan dan mengambangkan daya cipta dan daya cipta orang tersebut”.
Mangkunegara. (2009). “Kualitas Kerja” Bandung
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007), Jakarta: Balai Pustaka.
Lexy. J. Moleong, (2005). “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriono. (2009). ”Manajemen” Jakarta
P Joko Subagyo, (2011). “Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik”, Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2369
Article Metrics
Abstract views : 267 times | PDF - 113 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.