PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI PPKN MELALUI METODE DEBAT DI SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas X SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran PPKn yaitu Minat dan hasil Belajar Siswa masih dapat dikatakan belum cukup baik. Hal ini disebabkan antusias siswa dalam belajar rendah, ketika siswa memasuki ruangan kelas dan dimulai dengan belajar PPKn siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran PPKn, sehingga siswa cenderung tidak aktif dan tidak merasa menjadi bagian dari kelas. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajarannya belum mengunakan metode yang menarik dan bervariasi sehingga menyebabkan keaktifan belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan minat belajar yang rendah bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Minat dan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn dengan Metode debat Kelas X SMAN 1 Campalagian. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus yang mana pada setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dan setiap pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas X dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa, lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa, data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa minat belajar siswa telah mengalami peningkatan dari 66,54% pada siklus I dan siklus II 83,39% sehingga terjadi peningkatan 16,85% maka dikategorikan sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode debat dapat Meningkatkan Minat dan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMAN 1 Campalagian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adel, A., Nadir, M., & Latief, A. (2019, November). Pengaruh Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 84-87).
Amalia, N. R. (2018). Pengaruh Strategi Debat Aktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V MIN 6 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2(3).
Hazimah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Pasawahan 01 Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Hidayat, A., & Diwasasri, A. H. A. (2013). Factors influencing attitudes and intention to purchase counterfeit luxury brands among Indonesian consumers. International Journal of Marketing Studies, 5(4), 143.
Nur, S. (2016). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 62-81.
Sugiyono, B. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung CV Alfabeta.
Perundang - undangan
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2407
Article Metrics
Abstract views : 353 times | PDF - 165 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.