STUDI TENTANG ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA RATTE KECAMATAN TUTAR
Abstract
Studi Tentang Anak yang Putus Sekolah Di suatu Desa Ratte Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar. (Dibimbing oleh Rustan IR dan Muhammad Syaeba). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif , Metode data dengan melakukan wawancara terstruktur artinya wawancara yang dalam kepada Anak putus sekolah danpengumpulan data dengan dokumentasi untuk mengetahui lokasi dan subjek penelitian. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Kebijakan pemerintahdesa Ratte dalam yang menanggulangi Anak Putus Sekolah di Desa Ratte Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apa upaya pemerintah desa dalam menanggulangi anak putus sekolah? (2) Apa harapan dan kendala perintah desa dalam menanggulangi anak putus sekolah? (3) Apa yang menyebabkan anak putus sekolah didesa Ratte? (4) Bagaimana usaha pemerintah dan orang tua dalam mengarahkan anaknya yang mengalami putus sekolah untuk mengetahui petingnya pendidikan?. Hasil penelitian diperoleh 2 faktor sebagai berikut: 1) faktor internal, alasan anak putus , meliputi tidak ada biaya untuk lanjut sekolah ke jenjang selanjutnya, dan tidak dapat bersosialisasi dengan lingkup sekolah. 2) faktor ekternalnya adalah karna sangat rendah motivasi dari sekolahakibat minimnya fasilitas pendidikan atau sekolah seta (sosial). Adeanya putus sekolah sekolah adalah bagaimana pemerintah desa menganggarkan melalui ADD (alokasi dana desa).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arizona, M. M. (2013). “Kajian Tentang Siswa Putus Sekolah Pada Tingkat SMA/SMK Di Kabupaten Gresik(Studi Kasus Di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik).” https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/4090
BPS. (2020). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html
Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. Skripsi, 19.
Kemenkeu. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2003/20tahun2003uu.htm
Musa. (2017). Optimalisasi Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan Masyarakat: Sebuah Tawaran dalam Mengentaskan Kemiskinan. Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 107–125.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Suryabrata, S. (2016). Pengertian Perhatian Orang Tua PSYCHOLOGYMANIA. https://www.psychologymania.com/2013/01/pengertian-perhatian-orang-tua.html
TBSA. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. 634. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf
Tety i. Latibu. (2012). Faktor-Faktor Penyebab Putus Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Anak Putus Sekolah Di Desa Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo) | UNG REPOSITORY. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/121408033/faktor-faktor-penyebab-putus-sekolah-dasar-studi-kasus-pada-anak-putus-sekolah-di-desa-kayubulan-kecamatan-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html
Yakin, A. Al. (2016). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Kecamatan Nosu Kabupaten Mamasa). Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35329/FKIP.V8I1.18
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2427
Article Metrics
Abstract views : 355 times | PDF - 168 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.