Penerapan Model penugasan Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas VIII C SMP Negeri Anreapi

Indah Pratiwi, Dermawan Dermawan, Hasanuddin Lauda

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang model pembelajaran yang diterapkan guna mengetahui apakah dengan menggunakan penerapan model penugasan mampu meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar PPKn. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kels VIII C SMP Negeri Anreapi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021  yang berjumlah 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini sebanyak dua siklus. Siklus 1 sebanyak dua kali pertemuan dan siklus 2 sebanyak dua kali pertemuan sedangkan pengambilan data dilakukan pada akhir siklus 1 dan siklus 2. Penerapan model penugasan dapat meningkatkan  tanggung jawab siswa siklus 1 dengan skor  rata-rata sebanyak 63,09, kemudian ke siklus 2 dengan skor rata-rata 91,8. Penerapan model penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kriteria ketuntasan mencapai dengan skor rata-rata 81,36 pada siklus 1  kemudian ke siklus 2 dengan skor rata-rata 90. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan lembar obaservasi dan kuesioner penilaian diri dan tes hasil belajar dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn dengan penerapan model penugasan dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar pembelajaran PPKn peserta didik kelas VIII C SMP Negeri Anreapi.


Keywords


Meningkatkan, Model Penugasan, Tanggung Jawab Belajar, Hasil Belajar PPKn

Full Text:

PDF

References


Aided Erawan. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. (online). (Cetakan peratama). Madiun : CV. Bayra Cendekia Indonesia.

Barnida, B., Dermawan, D., & Nur, S. (2019, November). Upaya Guru PPKn dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 78-83).

Indadevianti, (2017). Efektivitas Metode Pemberian Tugas Pada Pembelajaran Ipa Di Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 4, 36-42

Juriah, j. 2015, “Meningkatkan rasa tanggung jawab siswa pada pembelajaran PKN di SMPN 1 Pelapatilir”, Pakar pendidikan, (online),volume.14, nomor. 2.

Latief, A. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X Di SMK Negeri Paku. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 1-18

Lutfiah, ifah. 2010, Penerapan metode penugasan untuk meningkatkan keaktifan dan dasil belajar matematika pada materi pokok segiempat semester II kelas VII mts Fatahillah Beringin Ngaliyan Semarang, (online), Skripsi, Semarang, Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam Walisongo Semarang.

Sudjana. (2000). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, 2003, Jakarta : Sekretaris Negara RepublikIndonesia

Widhiantari, R. 2017, “ efektifitas metode pemberian tugas (resitasi) perbantuan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kompetensi dasat uang dan perbankan SMAN 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang”, economic education analysis journal, (online), volume 1, nomor 1




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2464

Article Metrics

Abstract views : 231 times | PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.