PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII.5 MTS DDI KANANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks cerita fabel menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII.5 MTs DDI Kanang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar aktivitas guru dan siswa dapat dilihat dari persentase total skor yang di peroleh pada setiap aspek aktivitas guru dan siswa yaitu aktivitas guru pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 66,66% meningkat menjadi 92,30% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 73,33% meningkat menjadi 86,53% pada siklus II. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, ini terlihat siswa yang memenuhi KKM (75). Pada siklus I ada 8 orang tuntas yaitu nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 81,25 dan terendah 56,25 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 33,33%. Pada siklus II mengalami peningkatan ada 20 orang tuntas yaitu nilai tertinggi yang diperoleh sisa yaitu 87,50 dan terendah 68,75 ,dengan persentase kentuntasan klasikal mencapai 83,33%. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan rata-rata nilai pada setiap aspek dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII.5 MTs DDI Kanang tahun ajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annurrahman. (2016). Belajar dan pembelajaran. Banddung: Alfabeta.
Abdullah, Asep Abbas. et.all. 2017. Teknik Penulisan karya ilmiah. Surabaya: UIN Sunan Ampel Pers.
Aslamiyah, I. (2010) Peningkatan Keterampilan Teks Deskripsi Menggunakan Metode Mind Maping.
Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ikhwanuddin, M. A. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Metode Mind Mapping.
Kemendikbud.(2016). Bahasa Indonesia. Jakarta:Kemendikbud.
Nur’aini, dkk. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Teks Eksposisi.Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Universitas Sebelas Maret, Volume 6 (2), 365.
Saraswati, A. I. Meningkatkan Keterampilan Menuliskan Kembali Teks Cerita Fabel Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII G Di SMPN 7 Jember.
Yunus,N. H., Adriani, A., $ Nurhidayah, N. (2020). Upaya Pemberantasan buta Aksara Melalui Pelatihan Membaca Menulis Berhitung (CALISTUNG) di Kampung Pendidika. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2 (2),139-144
Utami, A. N. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 6 (2), 305.
Zulfahnur.Z.F. (2016). Teori Sastra. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2500
Article Metrics
Abstract views : 229 times | PDF - 342 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.