Pengaruh Penggunaan Media Compact Disc Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 1 Aralle

Sinta Purnama Sari, Fatimah Fatimah, Ashari Najib

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Compct Disc Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Populasi dalam penelitian ini ialah semua pesertadidikkelas VIII SMP Negeri 1 Aralle yang berjumlah 46 orang dan sampelnyaadalahpesertadidikkelas VIII A yang berjumlah 15 orang dan kelas VIII B yang berjumlah 15 orang. Instrument dalam penelitian ini ialah tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Dari hasil statistic, diperoleh nilai mean pre-test pada kelas eksperimen yaitu 55,11 dan kelas kontrol 62,66. skor mean post-test pada kelas eksperimen adalah 86,66 dan kelas kontrol 60,23. Dari aktivitas peserta didik didapat rata-rata persentase 68%. Hasil perhitungan uji t untuk data post-test diperoleh data nilaithitung>ttabelyaitu 7,319> 1,701, dari hasil analisis statistic deskritif dan statistic inferensial disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Compact Disc Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Aralle.


Keywords


Media Pembelajaran, Compact Disc Interaktif, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Fariasih (2015). Metode pembelajaran ilmu pengetahuan social kelas v di mi muhammadiyah krajan kecamatan pekuncen kabupaten banyumas tahun pelajaran 2013/2014 (doctoral dissertation, iain).

Fatimah, f. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa universitas al asyariah mandar. Prosiding, 3(1).

Fadhli (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 3(1), 24-33.

Ishak, S. 2018. Penerapan Metode Eksplorasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan SosialKemasyarakatan, 13(1), 75-87.

Komalasari, E. (2019, May). Peran Guru Dalam Media Dan SumberBelajar Di Era Disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 439-448).

Lestari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Mafruhah (2016). Studi deskriptif sikap siswa terhadap penerapan program kelurahan berwawasan pendidikan pendidikan di kelurahanngipik, kecamatan gresik, kabupaten gresik (doctoral dissertation, universitas muhammadiyah gresik).

Samad, I. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika MelaluiPembelajaran Quantum Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Makassar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan SosialKemasyarakatan, 13(1), 20-29.

Sandewita (2017). Pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru kelas terhadap siswa autisme. Jurnal penelitian pendidikan khusus, 4(3).

Muh. ArifTiro (2014). Penelitian eksperimen: merancang, melaksanakan, dan melaporkan. Makassar: andira publisher

Wiliawanto, bernard, akbar&sugandi (2019). Penerapan strategi pembelajaran aktif question student have untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa smk. Jurnal cendekia: jurnal pendidikan 2 matematika, 3(1), 139-14




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2516

Article Metrics

Abstract views : 21 times | PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter