ANALISIS KEBUTUHAN KALORI ATLET PORPROV BOLA VOLLEY PUTRA KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Ardian Dwi Cahya, Maarifah Dahlan, Urwatil Wusqa Abidin

Abstract


Sebagai negara berkembang, Indonesia menghadapi saingan yang makin ketat di bermacam bidang di dunia internasional, olahraga termasuknya. Menghadapi situasi itu, Indonesia harus terus mengembangkan pelatihan di bidang olahraga. Demikian pula, para atlet terus berupaya untuk meningkatkan kualitas mereka. atlet bola volley Kabupaten Polewali Mandar sekarang ini sangat berkembang pesat, namun dalam mengikuti pertandingan resmi yang di adakan di Sulawesi barat belum mampu memberikan hasil yang maksimal, sebagai fakta kegiatan pelaksanaan PORPROV III 2018 yang di laksanakan di Kabupaten Majene hanya dapat meraih medali perak, dan sangat terlihat kondisi fisik dalam permainan semakin menurun pada saat mendekati partai Final. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah kebutuhan kalori pada atlet bola volley Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan metode penetian survey dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel sebanyak 14 atlet putra bola volley Kabupaten Polewali Mandar. Analisis data yang di gunakan yaitu: Reduksi Data, Model Data (Data Display). Hasil penetian ini menunjukkan bahwa jumlah kalori atlet yang hasilkan dari penyajian pada saat TC sebamyak 2607,74 kcal selama sehari semalam, sedangkan jumlah kalori atlet menurut teori penyajian konsumsi yang sharusnya di hasilkan sebanyak 5000 kcal. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyajian konsumsi atlet tidak mencukupi sehingga berpengaruh terhadap prestasi. 

Keywords


Kalori, Bola Volley, Prestasi

Full Text:

PDF

References


Nuril, Ahmadi. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama,2010.

Putri, T. A., & Probosari, E. (2017). Tingkat kecukupan zat gizi dan kadar glukosa darah pada atlet sepakbola (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Sunita, Almatsier. Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Cetakan ke-sembilan. Jakarta: Pustaka Gramedia Umum, 2010.

Atam,2015. Evaluasi Kecukupan Kalori Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan, Mahasiswa (Pplm) Atletik Universitas Negeri Semarang. Skripsi sarjana. Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Wibowo, A. (2015). Uji Komparasi Perhitungan Indeks Masa Tubuh (Imt) Menggunakan Type-1 Fuzzy Logic (T1fl) Dan Interval Type-2 Fuzzy Logic (It2fl) Metode Mamdani. Swabumi, 2(1), 1-13.

Istianah Afiati, A. (2019). MEKANISME PENDISIPLINAN TUBUH LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MELALUI WACANA FITNESS DI SITUS REPS ID (Doctoral dissertation, Master Program in Communication Science).

Dieter, Beutelstahl. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pionir Jaya,2015.

Septian, P. C., & Wulandari, R. A. (2020). Gambaran Higiene Sanitasi Makanan dan Penerapan Prinsip Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) di Unit Instalasi Gizi Rumah Sakit X Tahun 2018. Jurnal Nasional Kesehatan Lingkungan Global, 1(1).

Novitasari, D. A., Rahfiluddin, M. Z., & Suroto, S. (2016). Tingkat Konsumsi Energi, Aktivitas Fisik Dan Kesegaran Jasmani Pada Posisi (Tosser Dan Smasher) Atlet Bola Voli. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(2), 38-45.

Adhi, I. A., Endang NP, M. G. W., & Shanti, P. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2). Jurnal Administrasi Bisnis, 30(1), 35-43.

Mursalim, S. W. (2017). Implementasi kebijakan smart city di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 126-138.

Suyoso Gandu E.J,2013. Profil Status Gizi Dan Kebutuhan Kaloro Karyawan PT. PEMBANGUNAN PERUMAHAN (PERSERO)TBK Proyek Educity Residence Surabaya. Residensi. Kesehatan Masyarakat,Universitas Airlangga,Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2532

Article Metrics

Abstract views : 88 times | PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter