Tingkat kepuasan pasien rawat inap perawatan kemuning berdasarkan mutu pelayanan pada masa pandemi covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar

Ayu Andira, Andi Liliandrian, Sukmawati Sukmawati

Abstract


Semenjak diberlakukannya physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 20 Maret 2020, terjadi penurunan kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar dari bulan April sampai dengan November dengan jumlah rata-rata 69 perbulan 2020. Dorongan kepada masyarakat untuk menjaga jaga jarak, menghindari kerumunan, dan anjuran untuk tetap diam di rumah mengakibatkan alur proses pelayanan kesehatan selama pandemi Covid-19 berubah, seperti penerapan langkah pencegahan standar untuk semua pasien dan kuluarga. Adanya kebijakan Covid-19  berupa screening, prosedur pelayanan, serta alur proses pelayanan yang berubah diduga juga berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap berdasarkan mutu pelayanan pada masa pandemi Covid-19  di perawatan kemuning Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode Cross Sectional Study yaitu untuk megetahui hubungan antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 40 pasien rawat inap. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan pasien berdasarkan mutu pelayanan dimensi Tangible (0,001<0,05), dimensi reliablility (0,000<0,05), dimensi responsiveness (0,002<0,05), dimensi assurance (0,000<0,05 dan dimensi empathy (0,001<0,05.Disarankan untuk terus meningkatkan aspek mutu pelayanan pada dimensi  Tangible, reliablility, responsiveness, assurance dan empathy agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya. Sehingga pasien tetap mempertimbangkan untuk melakukan pengobatan  di RSUD Polewali Mandar.

 


Keywords


Tingkat Kepuasan, Mutu Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Ilmiyah, 2020. Hui. et al., 2020. Penyakit Virus Corona 2019.Jurnal Respirologi Indonesia, 40 (2), P. 120-122

Kemenkes RI, (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru - Protokol | Covid19.go.id

Liliandriani, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Persalinan Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Islam Bontang. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 157-152.

Muhith, A. & Nursalam. (2012). Mutu Asuhan Keperawatan

Berdasarkan Analisis Kinerja Perawat dan Kepuasan Perawat dan Pasien. Jurnal Ners, 7(1), 47-55.

Muninjaya, Gde, 2011, “Manajemen mutu pelayanan kesehatan”. Jakarta: EGC.

Nursalam. 2016. “ Manajemen Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3”. Jakarta: Sulemba Medika.

Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (PERSERO). Jurnal Teknik Industri Undip, 9(1), 1-10.

Sukmawati, S. (2018). Studi Tentang Pelayanan Di Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan (Tp2rj) Di Puskesmas Pekkabata. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 66-75.

Supartiningsih, S. 2017. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit.

Tjiptono, F, 2000, Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Widya Astari, D., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. J Hosp Accredit, 3, 34-8.

Yuliani, N. N., Sambara, J., & Isman, H. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Di Kota Kupang Tahun 2015. Jurnal Info Kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2586

Article Metrics

Abstract views : 461 times | PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter