Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Batu Bata (Pelaku Usaha Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar)
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan batu bata yang ada di Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar, Untuk menganalisis peningkatan ekonomi para pelaku usaha Batu Bata yang ada di Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.
Lokasi penelitian ini bertempat di Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan kajian penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian skripsi ini yaitu Strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan batu bata yang ada di Desa Paku Kecamatan Binuang yaitu dengan memperhatikan proses pembuatan batu bata, harga jual batu bata yang relatif terjangkau, tempat produksi, penjualan dilakukan di pekarangan rumah milik pelaku usaha, dan promosi yang dilakukan hanya mengandalkan cerita dari konsumen sebelumnya. Agar strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan batu bata yang ada di Desa Paku Kecamatan Binuang lebih meningkat seharusnya dilakukan segmentasi pasar, target pasar, positioning (membangun kepercayaan konsumen), dan diferentation serta promosi tidak hanya mengandalkan cerita konsumen sebelumnya melainkan mempromosikan juga baik ofline atau online seperti melalui website, Media Sosial dan lain sebagainya dan peningkatan kesejahteraan ekonomi pelaku usaha batu bata di Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar setelah penjualan yaitu ckup baik, disamping dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat juga digunakan untuk biaya anak sekolah dan keperluan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimin, M. (2014). Etika dan Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: Rosdakarya
Baswir, R. (2017). Koperasi Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Erlangga, M. (2019). Manajemen Strategi. Jakarta: Gramedia.
Firdansy, C. M. (2018). Koperasi Dalam Sistem Perekonomian di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian Dewan DPRI.
Kartajaya, H. (2016). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rivai, V. (2018). Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sirat, A. H. (2015). Kewirausahaan. Malang: Wineka Media.
Winarta, a. (2017). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3113
Article Metrics
Abstract views : 101 times | PDF - 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.