PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS ANDROID

wandi wandiro, Syarli Syarli, ahmad Qashlim

Abstract


Membangun ruang seperti bentuk 3D, balok, kristal, silinder, kerucut, dan lingkaran penting untuk matematika. Mencari tahu bagaimana membangun ruang 3d sekarang masih adat, sekolah dan staf menunjukkan kesulitan untuk mendapatkan bantuan bantuan sebagai mekanisme untuk mencari tahu bagaimana membuat ruang 3d. Menurut sudut pandang mental, siswa juga merasa sulit untuk memahami artikel spasial 3d, karena tanpa panduan visual mereka hanya siap untuk membayangkan atau membayangkan objek ruang 3d itu sendiri. Saat ini media yang digunakan dalam menentukan bagaimana membangun suatu ruang hanya berupa papan atau buku cetak sehingga bagian dalam dan belakang tidak terlihat. Biasanya pendidik menggunakan bantuan untuk membayangkan kondisi ruangan, tetapi setiap siswa harus bergantian melihat struktur ruang, karena tidak mungkin setiap siswa mendapatkan berbagai macam alat peraga dengan berbagai macam bentuk ruang. . Untuk mengatasi masalah ini diperlukan aplikasi yang dapat menunjukkan keadaan bangun 3 lapis sehingga siswa dapat mengetahui keadaan setiap bangun. Pada review kali ini, pencipta merencanakan dan membuat sebuah aplikasi Expanded Reality pada media pembelajaran Form Space berbasis Android, untuk tujuan pembelajaran aritmatika struktur spasial. Idealnya aplikasi ini bisa menjadi sarana bagi para pelajar untuk lebih efektif dalam memahami ide membangun ruang.

Keywords


Augmented Reality, Bangun Ruang, Android.

Full Text:

PDF

References


Karmila Sari,Syarli ,Ul Khairat. (2022). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Berbasis Android. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828

Ahdan, Syaiful, At. Priandika, F. Andhika, And F. S. Amalia. 2020. “Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Mengunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Kelitbangan 8 (3): 221–236.

Abidin, Nurul Amini, Muhammad Assidiq, And Ahmad Qaslim. "Sistem Prediksi Kelulusan Mahasiswa Dengan Metode Backpropagation Neural Network." Jurnal Ilmiah Maju 4.2 (2021): 1-5.

Harahap, Ardiansyah, Adi Sucipto, And Jupriyadi Jupriyadi. 2020. “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android.” Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi 1 (1): 20–25.

Layona, Rita, Budi Yulianto, And Yovita Tunardi. 2018. “Web Based Augmented Reality For Human Body Anatomy Learning.” Procedia Computer Science 135: 457–64.

Lengkong, Oktoverano, Andria K.Wahyudi, And Ardian Najoan S.H. 2018. “Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat Menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video.” Techno.Com 17 (2): 122–33.

Lenurra, Ferry, And Dian Pratiwi. 2017. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Apartemen Dengan Metode Markerless Ferry,” No. October: 77–83.

Riskiono, Sampurna Dadi, And Try Susanto. 2020. “Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala” 8 (1): 8–18.

Sucipto, Adi, Qadli Jafar Adrian, And Muhammad Agie Kencono. 2021. “Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 10 (1): 40–45.

Sural, Irfan, Computer Education, Instructional Technology, And Instructional Technology. 2018. “Augmented Reality Experience : Initial Perceptions Of Higher Education” 11 (4): 565–76.

Yohanes Dianrizkita , Harvin Seruni, Halim Agung. 2018. “Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang” 6 (3): 121–28.

Meice, M., Qashlim, A., & Syarli, S. (2021). Sistem Informasi Penjualan Hasil Produksi Kopi Asli Mamasa Pada Pabrik Kopi An Nur Mamasa. Journal Peqguruang, 3(1), 103-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3204

Article Metrics

Abstract views : 215 times | PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.