Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Kelas VII SMP Negeri 05 Mamasa

Abdul Latief, Ahmad Al Yakin, Jefrianto Jefrianto

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah motivasi belajar siswa menghadapi berbagai tantangan khususnya siswa kelas VI SMP yang peka terhadap situasi internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada kelas tatap muka terbatas di Kelas VII SMP Negeri 05 Mamasa. Jenis survei yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Mamasa yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Akibatnya, siswa kelas VII SMP Negeri 05 Mamasa menerima 71,29% pembelajaran di kelas terbatas. Hal ini dibandingkan dengan interval nilai dan kategori yang dikemukakan oleh Sugishirono termasuk dalam kategori yang termotivasi

Keywords


Motivasi Belajar, Tatap Muka Terbatas

Full Text:

PDF

References


Al Yakin, A (2019), Juli. Jurnal Manajemen Kelas Era Industri 4.0 Seri Konferensi Peqguruang (Vol. 1, Nr. S. 11-15).

Agustinus (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di SD. 12(1)1 ISSN1412-565X.

Aritonang, K.T. (2008) Minat dan motivasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7 (10), 21-11

Djamarah Saiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hapsari, A.D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2018) Melakukan survei terbimbing tentang pembelajaran getaran, gelombang dan suara untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Risalah SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Penerapannya), 2 (2012), 285.

Latief, A. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada pendidikkan kewarganegaraan pada peserta didik di sekolah smk negeri paku. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 13- 26.

Latief, A., Al Yakin, A., & Ahmad, H. (2019). Digital Classroom Untuk Meningkatkan Kemanpuan dalam Metakognisi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Pkn. Celebes Education Review, 1(2), 71-79.

Marisyah, M., Zainuddin, Z. & Hartini, S. (2016) Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII BSMPN24 Banjarmasin kelas IPA dan fisika melalui model guided query. Era ilmu pendidikan jasmani, 4 (1), 52.

Mulyana, Deddy. (2008). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Bandung: PT Jugend Rosda Karya.

Pustikayasa, I. (2019). Grup Aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran. Widia Genitri: Jurnal ilmiah pendidikan, Kebudayaan Hindu dan Agama. 10(2), 53-62.

Putri, R. (2020). Indonesia dalam menghadapi masa pandemi Corona virus 2019. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20 (2), 705-709.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.3268

Article Metrics

Abstract views : 84 times | PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter