Efektivitas pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Satap Sumarorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar Matematika di SMP Negeri 3 Satap Sumarorong peserta didik kelas VIII dengan melihat hasil belajar, aktivitas dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan kelompok yaitu peserta didik kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 50,40 < KKM atau tidak mencapai ketuntasan klasikal 85% sedangkan nilai rata-rata posttes sebesar 85,90 > KKM atau mencapai ketuntasan klasikal 85%, sedangkan untuk hasil analisis deskriptif pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 47,40 < KKM atau tidak mencapai ketuntasan klasikal 85% dan nilai rata-rata posttes sebesar 69,30% < KKM. Berdasarkan analisis terhadap instrument non tes diperoleh aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen memenuhi kriteria keaktifan yaitu mencapai 76 %, sedangkan untuk kelas kontrol tidak memenuhi kriteria keaktifan yaitu mencapai 48,95 %, sedangkan respon peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori positif yaitu mencapai nilai rata-rata 85,8 peserta didik yang merespon positif pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching dan untuk kelas kontrol respon peserta didik berada pada kriteria kurang positif yaitu mencapai rata-rata 74,6. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching lebih efektif meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Sumarorong.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifiyandy. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Reciprocal Teaching Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 2 Porong (online) http//gandrog.file.wordpreess.com Diakses pada tanggal 2 Agustus 2017 pu kul 22:11
Bandolan, Jaya. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Reptitiona(AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pana’ Kab. Mamasa. Skripsi. Makassar: YPUP.
Fajriah. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching pada Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 3 Malunda. Polewali.FKIP Universitas Al-asyariah Mandar. (Tidak dipublikasikan)
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana prenada
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.332
Article Metrics
Abstract views : 225 times |
PDF - 131 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


