Efektivitas pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Satap Sumarorong

Nurhidayah Nurhidayah, Muhammad Ali P, Riani Riani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar Matematika di SMP Negeri 3 Satap Sumarorong peserta didik kelas VIII dengan melihat hasil belajar, aktivitas dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan kelompok yaitu peserta didik kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 50,40 < KKM atau tidak mencapai ketuntasan klasikal 85% sedangkan nilai rata-rata posttes sebesar 85,90 > KKM atau mencapai ketuntasan klasikal 85%, sedangkan untuk hasil analisis deskriptif pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 47,40 < KKM atau tidak mencapai ketuntasan klasikal 85% dan nilai rata-rata posttes sebesar 69,30% < KKM. Berdasarkan analisis terhadap instrument non tes diperoleh aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen memenuhi kriteria keaktifan yaitu mencapai 76 %, sedangkan untuk kelas kontrol tidak memenuhi kriteria keaktifan yaitu mencapai 48,95 %, sedangkan respon peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori positif yaitu mencapai nilai rata-rata 85,8 peserta didik yang merespon positif pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching dan untuk kelas kontrol respon peserta didik berada pada kriteria kurang positif yaitu mencapai rata-rata 74,6. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching lebih efektif meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Sumarorong.


Keywords


Efektivitas; Reciprocal Teaching; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifiyandy. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Reciprocal Teaching Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 2 Porong (online) http//gandrog.file.wordpreess.com Diakses pada tanggal 2 Agustus 2017 pu kul 22:11

Bandolan, Jaya. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Reptitiona(AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pana’ Kab. Mamasa. Skripsi. Makassar: YPUP.

Fajriah. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching pada Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 3 Malunda. Polewali.FKIP Universitas Al-asyariah Mandar. (Tidak dipublikasikan)

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana prenada




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.332

Article Metrics

Abstract views : 225 times | PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/