STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT BANUA MAMASE KABUPATEN MAMASA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Banua Mamase, Kabupaten Mamasa, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Sistem Kerja Sifat Administrasi Kesejahteraan di Klinik Medis Banua Mamase, Kabupaten Mamasa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Eksplorasi grafis subyektif adalah penelitian yang berencana untuk tanpa henti menggambarkan kejadian dan keanehan yang terjadi di lapangan dan menyajikan informasi secara metodis, dapat diverifikasi, dan tepat sehubungan dengan realitas atau keanehan yang terjadi di lapangan. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Spesialis menggunakan triangulasi sumber untuk benar-benar melihat keabsahan informasi eksplorasi. Dalam penelitian ini, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan tiga komponen analisis data. Temuan menunjukkan bahwa Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RS Banua Mamase di Kabupaten Mamasa dapat dievaluasi dengan menggunakan berbagai indikator, termasuk seni situasional, tujuan sasaran, dan sumber daya dan lingkungan. Di RS Banua Mamase Kabupaten Mamasa, strategi pelayanan yang berkualitas untuk sumber daya dan lingkungan telah diterapkan secara tepat dan optimal. Staf rumah sakit memberikan pelayanan prima kepada pasien, membuat mereka merasa dilayani dengan baik dan sangat puas. Kemudian dalam Pengerjaan Situasional dimana petunjuk ini merupakan metodologi dalam mengembangkan kualitas bantuan lebih lanjut juga terlihat sangat baik dan telah dijalankan oleh pejabat sehingga maksud dan tujuan dapat diakui di Klinik Medis Banua Mamase, Peraturan Mamasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, 2015.Tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Belajar
Dwiyanto, 2015. “Mewujudkan Pelayanan Publik”. Yogyakarta; Gadjah Mada University Press.
Moelong, 2014. Tentang objek yang memberi informasi terkait dengan keadaan dan kondisi seputar penelitian.
Pungkas dkk, 2019. Tentang pembangunan kesehatan Bumi Aksara
Ridwan, 2017. Tentang Pengertian Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien
Ruslan, 2013. Tentang Penelitian Kualitatif Berbasis Masyarakat
Sarwono, 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&B. BANDUNG: Alfabeta
Sugiyono, 2012. Tentang Analisis Data: Jakarta Pustaka
Tjiptono, 2011. Peningkatan pelayanan publik Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Cv Andi.
UNDANG-UNDANG
Permenkes No 4 Tahun 2019 Tentang standar teknis pemenuhan mutu pelayanan dasar
Peraturan MENTERI Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4119
Article Metrics
Abstract views : 127 times | PDF - 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.