STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT BANUA MAMASE KABUPATEN MAMASA

Jonson Jonson, Muhammad Syariat Tajuddin, Muhammad Abid

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Banua Mamase, Kabupaten  Mamasa, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Sistem Kerja Sifat Administrasi Kesejahteraan di Klinik Medis Banua Mamase, Kabupaten Mamasa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Eksplorasi grafis subyektif adalah penelitian yang berencana untuk tanpa henti menggambarkan kejadian dan keanehan yang terjadi di lapangan dan menyajikan informasi secara metodis, dapat diverifikasi, dan tepat sehubungan dengan realitas atau keanehan yang terjadi di lapangan. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Spesialis menggunakan triangulasi sumber untuk benar-benar melihat keabsahan informasi eksplorasi. Dalam penelitian ini, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan tiga komponen analisis data. Temuan menunjukkan bahwa Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RS Banua Mamase di Kabupaten Mamasa dapat dievaluasi dengan menggunakan berbagai indikator, termasuk seni situasional, tujuan sasaran, dan sumber daya dan lingkungan. Di RS Banua Mamase Kabupaten Mamasa, strategi pelayanan yang berkualitas untuk sumber daya dan lingkungan telah diterapkan secara tepat dan optimal. Staf rumah sakit memberikan pelayanan prima kepada pasien, membuat mereka merasa dilayani dengan baik dan sangat puas. Kemudian dalam Pengerjaan Situasional dimana petunjuk ini merupakan metodologi dalam mengembangkan kualitas bantuan lebih lanjut juga terlihat sangat baik dan telah dijalankan oleh pejabat sehingga maksud dan tujuan dapat diakui di Klinik Medis Banua Mamase, Peraturan Mamasa.


Keywords


Mutu;Pelayanan;Rumah Sakit;

Full Text:

PDF

References


Azis, 2015.Tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Belajar

Dwiyanto, 2015. “Mewujudkan Pelayanan Publik”. Yogyakarta; Gadjah Mada University Press.

Moelong, 2014. Tentang objek yang memberi informasi terkait dengan keadaan dan kondisi seputar penelitian.

Pungkas dkk, 2019. Tentang pembangunan kesehatan Bumi Aksara

Ridwan, 2017. Tentang Pengertian Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien

Ruslan, 2013. Tentang Penelitian Kualitatif Berbasis Masyarakat

Sarwono, 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&B. BANDUNG: Alfabeta

Sugiyono, 2012. Tentang Analisis Data: Jakarta Pustaka

Tjiptono, 2011. Peningkatan pelayanan publik Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Cv Andi.

UNDANG-UNDANG

Permenkes No 4 Tahun 2019 Tentang standar teknis pemenuhan mutu pelayanan dasar

Peraturan MENTERI Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4119

Article Metrics

Abstract views : 127 times | PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter