PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS KELAS VII SMPN 2 CAMPALAGIAN
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 2 Campalagian. Subjek penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 27 orang (16 perempuan 11 laki-laki). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar observasi aktivitas siswa (3) Tes kemampuan penalaran matematis. Lembar observasi di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Adapun hasil kualitatif lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran penelitian ini siklus I diperoleh 85,41% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,13%. Hasil analisis kualitatif pada lembar aktivitas siswa siklus I diperoleh 75,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,64%. Sedangkan hasil analisis kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I ketuntasan klasikal hanya mencapai 74,07% dan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa meningkat menjadi 88,88%. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 2 Campalagian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assaibin, M., & Rahayu, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975-2988.
Azmi, U. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP YPM 4 Bohar Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Febryanti, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 14-22.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013
Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165-176.
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1).
Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14-26.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10
Utari, T., & Hartono, H. (2019). Muatan Penalaran dan Pembuktian Matematis pada Buku Teks Matematika SMA kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4559
Article Metrics
Abstract views : 107 times | PDF - 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.