Respon Mahasiswa Terhadap Hybrid Learning Pada Mata kuliah Profesi Keguruan pada Mahasiswa FKIP

Aco . Nasir, Chuduriah Sahabuddin, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitianan ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap hybrid learning pada mata kuliah profesi keguruan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan data yang diperoleh langsung dari responden yang meliputi respon mahasiswa terhadap hybrid learning. Sumber data berupa hasil angket dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data non tes yaitu angket wawancara dan hasil belajar. Analisis data dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa model hybrid learning kurang efektif digunakan pada saat pembelajaran. Kendala yang dialami pada saat menggunakan model pembelajaran hybrid learning adalah sulit membagi waktu antara tatap muka dan daring, karena ada beberapa faktor salah satunya ialah terkendala oleh jaringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada lembar angket perolehan keseluruhan nilai yaitu 1557 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 65,15.  

Keywords


Respon, pembelajaran, model hybrid learning g

Full Text:

PDF

References


Mukhlasin, A. 2019. Kepemimpinan pendi dikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, Vol.3 No.1 halaman, 674-692.

Lestari, Ayu. (2020). Analisis kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali. Disertai. Polewali: Universitas Al Asyariah Mandar.

Saleh, Meylan. (2020). “‘Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.’” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1. Hal. 51–56.

Belawati, T. (2020). Pembelajaran online. Banten: RDA. The Chinese experience inmaintaining undistrupted learning in Covid-19. Smart learning lastitute of beajing normal

Universitas Terbuka (SLIBNU), March 2020.version 1.2.

UNISCO, (2020). Hanbook. On Facilitaring Flexible. Luring during educational disruption: The Chinese experience In maintaining undistrupted learning in COVID-19.

Outrubreaks. Smart learning lustitute of beajing normal University (SLIBNU), march (2020). Learsion 1.2.

Samsul. (2020, Juli 23). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa Perpustakaan IAINT ulungagung. tulungagung. ac. id/index php/2020/07/23/ dampak-pandemi-covid-19 bagimahasiswa/#respond.

Clara C. Resubun. (2021)”Respon mahasiswa terhadap pembelajaran Bleand Learning di era covid 19 dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan semester 4”.hal.79-80

Marselina Cundawan. (2021). “Respon dan hasil mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbasis Aplikasi Zoom pada mata kuliah pengembangan bahan ajar”.hal.79-80.

Riniawati, Rina, Chuduriah Sahabuddin, and Ammawati Ammawati. "Efektivitas Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Keterampilan Berbicara Peserta Didik Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Matakali." Journal Peqguruang: Conference Series. Vol. 4. No. 2. 2022.

Nasir, Aco. "Implementing SBI (Strategies-Based Instruction) in Teaching Speaking Skills." Senior Editor: Paul Robertson 39 (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4610

Article Metrics

Abstract views : 111 times | PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter