IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN PUBLIK DIBIDANG KESEHATAN RAWA JALAN DIPUSKESMAS POLEWALI KECEMATAN BINUANG

Muhammad Massyat, Rustan Rustan, Wirna Wirna

Abstract


Penelitian Bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui Implementasi standar pelayanan public dibidang Kesehatan rawat jalan dipuskesmas polewali kabupaten polewali mandar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini terdari dari kepala puskesmas polewali (informan kunci), Dokter dan perawat/staf puskesmas polewali dibidang Kesehatan rawat jalan dan masyarakat/pasien puskesmas polewali kecamatan binuang kabupaten polewali mandar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi standar pelayanan publik dibidang Kesehatan rawat jalan dipuskesmas polewali kec.binuang sudah baik bahkan telah mendapatkan penghargaan sebagai puskesmas terbaik,sarana dan prasarana juga lengkap, standar operational prosedur (SOP) lengkap ditiap-tiap poli dibidang rawat jalan tetapi terdapat beberapa kekurangan yaitu keluhan dari beberapa masyarakat tentang pelayanan yang kurang maksimal yang terlihat dari 5 dimensi tentang kualitas pelayanan public yang bisa berdampak kurang baik dengan standar pelayanan public yangb ada dipuskesmas polewali.

Full Text:

PDF

References


Surjadi (2012). Pengembangan kinerja pelayanan publik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurdin, Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.

Suharsimi, A. (2017) Pengembangan instrumen penelitian. Yogyakarta

Donald, 1984, Kualitas pelayanan publik.

Aan Komariah, Djam’an Satori, (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung : alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian. Bandung: Penerbit alfabeta

Mukarom, Laksana, (2016). Kualitas layanan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Isna, S. R. (2016). Pelaksanaan Pelayanan Publik Dipusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Moyudan Sleman Yogyakarta, 127

Rafni, P. P (2013). Pelayanan public pada pusat Kesehatan masyarakat Kecamatan Marpoyan Damai, 65

Rendy, T. S (2017). Efektivitas kualitas pelayanan keshatan masyarakat pada puskesmas di kecamatan Dumoga, 98

Dody, M. (2017). Analisis Faktor Pendorong Dan Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kelurahan Pondok Kacang Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mozaik

Maulidiah (2014). Pemerintahan Memiliki Fungsi Hakiki. Jurnal Kajian Pemerintahan.

Ndraha (2011). Pelayanan Kybernology. Jurnal Unimor.

Donald (1984) . Pelayanan (Costomer Service) . American Marketing Association.

Jones, C.O, (1984), An Introduction to the Study of Public Policy. Monterey,CA: Brooks/Cole Publishing Company.

Qomari, R (2015). Teknis analisis data. Jurnal pemikiran kependidikan.

Zeithaml, Parassuraman dan Berry (dalam Hardiyansyah,2011). Kualitas pelayanan dapat dinilai berdasarkan lima dimensi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik.

Mukarom, Laksana, (2017) Kualitass pelayanan public. Jurnal ilmiah administrasi public.

UNDANG-UNDANG

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Fokusind Mandiri, Bandung.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Polewali Mandar.

Peraturan Pemerintahan RI No. 102 Tahun 2000 Tentang Standarisasi Nasional.

Keputusan Menteri perdayagunaan aparatur negara No. 63/KEP/M-PAN/7/2003.

Keputusan Menteri Negara Perbedayaan Aparatur Negara No. 81/1993 Tentang Pedoman Tatalaksana Pelaksanaan Umum.

Inpres No.5 Tahun 1984 Tentang Pedoman penyerderhanaan dan Pengendalian perijinan dibidang usaha.

Peraturan Menteri Kesehatan 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4633

Article Metrics

Abstract views : 132 times | PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/