Sistem Layanan Pembayaran Internasional Berbasis Web

Muhammad Assidiq, Rosmawati Tamin, Putri Aisyah Utami

Abstract


Era Global merupakan masa yang mengubah seluruh interaksi manuasia yang ada di dunia menjadi lebih meningkat baik dari segi Ekonomi, Politik, Sosial maupun Budaya. Perkembangan revolusi industri 4.0 sangat berdampak pada peningkatan dunia IT sehingga mengakibatkan semua hal diadopsi menjadi model komputerisasi khususnya pada bidang Global Marketing. E-commerce adalah strategi pemasaran yang mengadopsikan teknologi dalam implementasinya. Target market E-commerce sangatlah luas tidak hanya mencakup pasar Asia saja tapi juga seluruh marketplace hingga pasar Internasional, sehingga orang-orang akan mudah untuk mendapatkan barang-barang dari mancanegara. Namun terlepas dari mudahnya fasilitas yang ditawarkan E-commerce untuk membeli barang tentunya akan berdampak pada besarnya pula kebutuhan untuk mendapatkan mata uang asing untuk dipakai dalam melakukan pembayaran pada proses transaksi pembelian barang tersebut. “Jasa Layanan Pembayaran Luar Negeri” adalah layanan yang akan memberikan solusi agar konsumen dapat berbelanja pada situs E-commerce luar negeri tanpa harus memiliki rekening luar negeri.

Sistem Layanan Pembayaran Internasional Berbasis Website ini dirancang menggunakan metode Agile Scrum dengan mengkombinasikan Payment Gateway Midtrans, PHP, Laravel dan Database MySQL dalam pembuatan programnya serta Data Kualitatif Deskriptif sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem yang lahir dalam bentuk website yang akan membantu orang-orang untuk melakukan pembayaran pada E-commerce luar negeri dan menyediakan banyak metode pembayaran termasuk E-wallet untuk memudahkan dalam pembayaran  nilai tukar.


Keywords


Sistem Layanan Pembayaran Luar Negeri, Jasa Pembayaran Internasional, E-commerce, Agile Scrum.

Full Text:

PDF

References


Al-Mumtaza, A. M., & Rustamaji, M. (2022). CONSUMER LEGAL PROTECTION ON THE IMPLEMENTATION OF E-COMMERCE USING INSTAGRAM WITH A PRE-ORDER SYSTEM DURING THE COVID-19 PANDEMIC. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 03, 59–64. https://journalkeberlanjutan.com/index.php/ijesss

Anubhakti, D. (2022). Analisa & Perancangan Website E-Commerce Kegiatan Penukaran Valuta Asing Pada PT. Do It Valasindo Analysis & Design Of E-Commerce Website Foreign Exchange Activities In PT. Do It Valasindo. In Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) Jakarta-Indonesia. https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php

Azzahra, C. P., & Purnawan, A. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA TITIP BARANG SECARA ONLINE. JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG, 802–814.

Choiriyah, S. (2023). Peran Kualitas Website Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen E-Commerce Shopee di Kota Semarang). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Herni, H., Tamin, R., & Basri, B. (2020). Sistem Informasi Kepegawaian Dan Tenaga Pendidik Berbasis Android Di Universitas Al Asyariah Mandar. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(1), 223. https://doi.org/10.35329/jp.v2i1.1405

Melian, L., Dhaniawaty, R. P., Fadillah, A. P., & Hidayat, C. (2023). e-Exchange Riyals sebagai Sistem Informasi Penukaran Uang bagi Jamaah Haji dan Umrah Pasca Pandemi Covid-19. Maret. https://doi.org/10.34010/jati.v13i1

Mohino, J. de V., Higuera, J. B., Higuera, J. R. B., & Montalvo, J. A. S. (2019). The application of a new secure software development life cycle (S-SDLC) with agile methodologies. Electronics (Switzerland), 8(11). https://doi.org/10.3390/electronics8111218

Qashlim, A., & Assidiq, M. (2022). SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEBSITE PADA KAMPUS UNASMAN MAMASA. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(2), 2686–3472. https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2077

Reynaldo Pratama, F., Santoso, N., & Fanani, L. (2020). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Payment Gateway Midtrans (Vol. 4, Issue 4). http://j-ptiik.ub.ac.id

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK MINAT PEMBELIAN ULANG PADA PELANGGAN SHOPEE. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10, 425–444. http://doi.org/10.21009/JRMSI




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4671

Article Metrics

Abstract views : 186 times | PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter