ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMPN MAPILLI

Nur Hafsah Yunus MS, Abdul Azis, Andriani Andriani

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIII A SMPN Mapilli. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif atau deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk mendeskrisikan kemampuan menulis peserta didik. Subjek pada penelitian ini sebanyak 22 peserta didik kelas VIII A SMPN Mapilli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, non tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII A SMPN Mapilli mendapatkan nilai rata-rata 82,09 dengan persentase 81,82%. Pada aspek struktur peserta dikategorikan sangat mampu dengen pesentase 54,54% pada kaidah kebahasaan, mampu dengan pesentase 72,72%, dan aspek kreatif atau mind mapping, mampu dengan pesesentase 36,37%. berdasarkan KKM siswa yang dikatakan mampu mendapat nilai 70 ke atas dan tidak mampu mendapat nilai 70 ke bawah.  

Full Text:

PDF

References


Darmawati, D. (2023). Analisis Manajemen Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa Semester I Prodi Pendidikan Jasmani Unimerz Tahun 2022. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10), 3937-3946.

Etania, V. (2023). Program literasi dalam pembelajaran menulis resensi siswa kelas xi smkn 37 jakarta tahun pelajaran 2022/2023 skripsi.

Geger, S., & Madiun, K. (2022). KOMPETENSI MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GEGER KABUPATEN MADIUN Dina Luthfi Nugraini 1) , Bambang Eko Hari Cahyono 2) , Asri Musandi Waraulia 3). 10, 136–140.

Gulo, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble. 1(2), 537–543.

Nurlaela. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Metode Example Non Example Berbasis Koran pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. (Skripsi Sarjana: Universitas Al Asyariah Mandar)

Putri, V., Waruwu, D., & Harefa, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Ulasan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. 1(1), 69–74.

Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334

SP, W. U. R. (2017). PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGRI 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS)

Waruwu, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167–173. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.24.

Yunus, Nur H., and Citra Indraswari. "Pengaruh Strategi Quantum terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Tanggapan Deskriptif." Journal Peqguruang, vol. 1, no. 2, 2019, pp. 208-212, doi:10.35329/jp.v1i2.579.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4725

Article Metrics

Abstract views : 51 times | PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.