TRADISI ANYORONG LOPPI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan pengamatan serta terliba langsung dalam tradisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tradisi Anyorong Loppi dalam pembentukan karakter bagi masyarakat pesisir di kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Karakter amat sangat penting, terkhusus dalam pembentukan pribadi seseorang agar bermoral, berakhlak mulia, tanggung jawab dan berprilaku baik.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah masyarakat seperti remaja, masyarakat, pemuda, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Makna Simbolik Tradisi Anyorong Loppi bagi masyarakat, (2)Pelaksanaan Tradisi Anyorong Loppi bagi Masyarakat, (3)Nila-niai Tradisi Anyorong lopi dalam pembentukan karakter Masyarakat Pesisir di kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba Pembentukan karakter pada Anyorong Loppi terdiri dari: Nilai religius, nilai sosial, nilai toleransi dan nilai gotong royong. Proses pengembangan karakter pada masyarakat adanya kebersamaan, perkumpullan sehingga adanya interaksi.(4) Demikian pula, Adapun yang menjadi faktor determinan yang mempengaruhi terjadinya pembentukan karakter masyarakat dalam Tradisi Anyorong Loppi seperti factor letak geografis dan faktor keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, M. &. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: . Edisi 1. Surabaya Airlangga University Press.
Arikunto. n.d. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta.
Bungin, B. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta Rajawali Pers.
L Moleong, J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. . Bandung: : PT. Remaja Rosdakarya. .
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Lickona, Thomas. 2012. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, dan Kebijakan Penting Lainnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Herskovits Melville J. 1959. Continuity and Change in African Culture.Chicago: University of Chicago Press.
Mundzirin Yusuf dkk. 2018. Islam dan Budaya Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.
Nurhayati., G. R. 2020. Elements of Power Relation in Literary Work. A Foucauldian Analysis. Vol. 5 No. 1 (2020): English Journal Literacy utama (https://ejl.widyatama.ac.id/ diakses 29 Agustus 2023)
Rakhmat, J. &. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. . Bandung: PT Rosdakarya.
Saputra, Nofrans Eka dkk. 2017. Berani Berkarakter Positif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sartini. 2017. “Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafat. Vol 14, No 2 Yogyakarta”
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, Dan R&D. . Bandung
Sukitman, Tri. 2020. Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter. Vol. (Vol. 2, No. 2, 2016), hlm. 87. (https://www.neliti.com diakses 29 Agustus 2023)
Ubaidillah,et al. 2018. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) : Demokrasi,HAM dan Masyarakat Madani, IAIN Jakarta.
Wagiran dkk. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Provinsi DIY Dalam Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju Tahun 2025 (Tahun Kedua). Yogyakarta: Biro Administrasi pembangunan.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.5043
Article Metrics
Abstract views : 161 times | PDF - 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.