EFEKTIFITAS LAYANAN PEMBELAJARAN BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 004 LUMBATU

Hasbullah Hasbullah, Dermawan Dermawan, Abdul Latief

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SDN 004 Lumbatu dengan Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui Efektifitas Layanan Pembelajaran Bidang Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VI SDN 004 Lumbatu, Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efekrifitas layanan pembelajaran bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan pembelajaran bidang bimbingan belajar Pada kelas eksperimen bidang studi  PPkn mencapai 6.81 termasuk dalam kategori Cukup, pada bidang studi IPA mencapai 6.50 termasuk dalam kategori Cukup, pada bidang studi IPS mencapai 6.93 termasuk dalam kategori Cukup dan pada bidang studi Bahasa Indonesia mencapai 7.38 termasuk dalam kategori Baik.     Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh untuk nilai PPkn 3.01 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.66, dari uji t-tes diperoleh t hitung untuk nilai IPA 3.16 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.66, dari uji t- tes diperoleh t untuk nilai IPS 1.72 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.66, dari uji t-tes diperoleh t hitung untuk nilai Bahasa Indonesia 1.87 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.66.


Keywords


Efektifitas, Layanan Pembelajaran, Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Al Yakin, A., Maryam, S., & Elisabeth, E. (2019, November). Peranan Guru PPKn sebagai Motivator dalam Pengembangan Karakter. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 67-71).

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswar, Saefudin. 1987. Tes Prestasi. Yogyakarta: Liberti.

Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Handayani, Putri. 2001. Modul Bimbingan Konseling. Jakarta: Labschool. Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM.

Latief, A., Dermawan, D., & Rahayu, N. (2019, November). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar PPKn. In Journal Peqguruang:

Mandalika, J & Mulyadi, Usman. 1995. Dasar-dasar kurikulum Bimbingan Konseling. Surabaya: SICC.

Prayitno & Amti, Eraman. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, Tatik. 1991. keterampilan-keterampilan Belajar. Semarang: IKIP press Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempegngaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa ketut. 2000. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah. 2003. Pelayanan Professional Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas. Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Winkel, 1996: 102).. Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan Konseling di SLTP. Jakarta: Dikdasmen.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5185

Article Metrics

Abstract views : 23 times | PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.