PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI RAKYAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING KELAS VII MTs DDI PARIANGAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

St Husnawati, Andriani Andriani, Wahyuddin Wahyuddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks puisi rakyat di kalangan siswa, yang memerlukan pemilihan metode pengajaran yang efektif dan penyajiannya yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks puisi rakyat melalui penerapan metode pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui pendekatan siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta hasil. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I yang berada pada 49 menjadi 80 di siklus II. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan menulis teks puisi rakyat pada siswa kelas VII MTs DDI Pariangan dinyatakan berhasil.

 


Keywords


Peningkatan; Menulis; Teks Puisi Rakyat; Metode Problem Solving; Siswa

Full Text:

PDF

References


Dalman, M. (2016). Menulis: Sebuah Pengantar untuk Guru dan Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, S. M., (2017). Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Pustaka Widya Utama.

Djajasudarma, A. (2016). Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Pemakaiannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim, A. (2017). Nilai-nilai Budaya dalam Puisi Rakyat Melayu Riau. Jurnal Kajian Melayu, 12(2), 315-330.Jurnal:

Kurniati, D. (2012). Menulis Efektif: Panduan Praktis untuk Guru dan Siswa. Jakarta: Grasindo.

Marliana, 2016. ”Analisis Jurnal Pengajaran Bahasa Indonesia”. Jakarta Timur: Universitas Negeri Jakarta

Simarmata, P. (2019). Menulis Cerpen: Panduan bagi Pemula. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhertuti,n2017. “Analisis Gurun Bahasa Indonesian TerhadapnMaterinSastranPada KTSP Dan K13”. Jakarta TIMUR: Universitas Negeri Jakarta

Yanti, Gafar, dan Raffi. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Lubuklinggau. Jurnal Tarbiyah, 23(2),

Yunus, N. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode Team Product. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 74-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5289

Article Metrics

Abstract views : 116 times | PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/