PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA

ihwal ihwal, Ahmad Syah, Dermawan Dermawan

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengamati peningkatan hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri . Instrumen yang digunakan yaitu observasi aktivitas siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket kemandirian, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas XA MA Izzatul Ma'arif Tappina dengan jumlah siswa 26 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa. Peningkatan terlihat dari aktivitas siswa pada siklus I 78,4%, dan siklus II menjadi 92,1%. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 76,3%, dan siklus II menjadi 93,1%. Hasil angket kemandirian pada siklus I diperoleh 18 siswa kategori mandiri atau 69,3%, dan siklus II 19 siswa kategori sangat mandiri atau 73,1%, dan 7 siswa kategori mandiri atau 26,9%. Nilai rata-rata siswa tes siklus I yaitu 70,30 dan siswa yang mencapai KKTP yakni 17 siswa atau 65,4% kategori tidak tuntas. Nilai rata-rata pada tes siklus II yaitu 88,90 dan siswa yang mencapai KKTP yakni 26 siswa atau 100%. Dari hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan yaitu penggunaan model inquiry learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa.

Keywords


Inquiry Learning, Hasil Belajar, Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110.

Destiyantari, S., Magdalena, I., & Sa’odah. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–54.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema Journal, 1(1), 31–39.

Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488.

Handini, K. P. (2022). Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Metode Mind Mapping Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 85–91.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515–523.

Jumaisa, J. (2020). Model Pilihan Pembelajaran, Inquiry atau Expository? Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 339–348.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327.

Mubarrod, A. S., & Abdullah, K. (2023). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 432–441.

Noviwati, N., Mursalin, M., & Odja, A. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1–6.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03, 171–187.

Nursinta, H., Ahmad, H., & Syah, A. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan Teorema pythagoras melalui penerapan model pembelajaran cettar membahana pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tandukkalua. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2), 742.

Surati. (2021). Penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 1–6.

Syah, A., Dermawan, D., & Ramlan, M. (2023). Meningkatkan nilai karakter melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis kahoot games. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2), 445–450.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5364

Article Metrics

Abstract views : 119 times | PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/