Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Suryadi Ishak, Dermawan Dermawan, Karmila Karmila

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian pembeajaran berdiferensiasi terhadap prestasi matematika siswa. Populasi penelitian ada seluruh siswa kelas Vll SMP Negeri 1 Wonomulyo, dengan sampel dari kelas VII A yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan belajar siswa, memasukkan aktivitas siswa, evaluasi keterlaksanaan pembeajaran, dan angket respon siswa. Data yang terkumpuI dianaIisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensiAI. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa rata-rata pretest ada 53,02 dan posttest ada 81,95. Aktivitas siswa mencatat persentase rata-rata 85,5%, sementara keterlaksanaan pembeajaran mendapat nilai 3,83 dari skala maksimum 4. Tanggapan positif siswa mencapai 75% dari angket respons. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari analisis deskriptif dan inferensi ini dapat disimpulkan bahwa pembeajaran berdiferensiasi efektif dan meningkatkan keterampilan belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonomulyo.    

Keywords


Berdiferensiasi, Efektivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad dan Abdul Haris, (2022). Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: Multi Pressindo

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.

Haryanto, E. (2019). Implementasi kurikulum merdeka dalam Pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 70-81.

Ishak, S. (2018). Penerapan Metode Eksplorasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 13(1), 75-87.

Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Afifah Utama

Sugiyono. 2020 .Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Syah, A., Dermawan, D., & Ramlan, M. (2023). Meningkatkan Nilai Karakter Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Kahoot Games. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2), 445.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5388

Article Metrics

Abstract views : 102 times | PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.