Analisis Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 2 Polewali

Herlina Ahmad, Muh. Muzani Zulmaizar, Rindi Antika Sari. R

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 Polewali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 24 orang yang terdiri dari 21 siswa kelas VIII, 2 guru matematika dan 1 Wakasek kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan kurang optimalnya sosialisasi kurikulum kepada siswa dan guru, serta minimnya pelatihan formal oleh lembaga resmi. Guru menghadapi kesulitan dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun perangkat ajar, serta kekurangan sarana seperti proyektor. Asesmen masih berfokus pada ujian sumatif, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih minim. Diperlukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ini.  

Keywords


Kendala, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Kodama materi persamaan garis lurus. Matematika, 13(2), 118–132.

Akbar, M., Ernawati, & Setyawan, D. (2023). Problematika guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika kelas VII di SMPN 20 Simbang. Genius: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 11–23.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Fatoni, M. (2022). Analisis pelaksanaan program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari terkait pembelajaran matematika. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora Universitas PGRI Madiun, 1, 68–77.

Kemendikbudristek. (2022). Tahapan implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan. Kemendibudristek, 1–16.

Latief, A., Zulmaizar, M. M., & Yuspitaa, M. (2023). Implementasi pendidikan karakter profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn kelas X SMA Perintis Sindagamanik. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2), 514.

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.

Rosa, C. N., & Indrawati, D. (2023). Analisis hambatan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 11, 1807–1817.

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5389

Article Metrics

Abstract views : 23 times | PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.