PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELASS VIII SMP NEGERI MATAKALI

Wilda Saskia Aco, Dermawan - Asis, Herlina - Ahmad

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Kuasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Kontekstual terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Dua (Genap), dengan jumlah pertemuan 3 kali selain dari pemberian Pre-test dan Post-test. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Matakali. Sampel penelitian ini terdiri dari Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian Pre-test (Tes Awal), angket, Post-test (Tes Akhir), lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-efficacy siswa Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan kontekstual, dan siswa Kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan

 

 

Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis ,Self-Efficacy.

Keywords


Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis ,Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan komunikasi matematika siswa SMP dalam setting pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1).

HENDRIANA, Heris; KADARISMA, Gida. Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2019, 3.1: 153-164.

Kemendikbud, (2013). Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta : Depdikbud.

Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. A. (2018) Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matetamtis Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 59-4

Luas, A. P. P. D. A. (2021). Pengertian Pendidikan. Landasan Pendidikan,37

NCTM, P. (2000). standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics

RAHMAWATI, Nofiana Ika. (2020) Pemanfaatan ICT dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.. p. 381-387.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5443

Article Metrics

Abstract views : 100 times | PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/