Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII D SMP Negeri 4 Polewali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Proses Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model PBL Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 4 Polewali yang berjumlah 263 orang dan sampelnya ialah. peserta didik kelas VII D yang berjumlah 31 orang dan kelas VII E SMPN 4 Polewali yang berjumlah 32 orang. Instrument penelitian menggunakan Angket untuk vriabel model pembelajaran problem based learning pada kurikulum merdeka belajar dan kurikulum konvensional serta tes hasil belajar untuk variabel Hasil belajar matematika. Data yang. terkumpul dianalisiis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berlandaskan hasil analisiis statistik, diperoleh nilai rata rata pada hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada kurikulum merdeka belajar yaitu sebesar 85,32, sedangkan pada hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kurikulum merdeka belajar yaitu sebesar 80,63. Sedangkan berlandaskan hasil pengujian hipotesis pertama dipeoleh nilaii sig sebesar 0,035 lebih kecil berlandaskanpada 0,05 dan t hitung sebesar 2,294 lebih besar berlandaskan t tabel, sedangkan pada hipotesis kedua diperoleh nilaii sig sebesar 0,049 lebih kecil berlandaskan 0,05 dan t hitung 2,121 lebih besar berlandaskan 2,110 t tabel . Pada uji hipotesis ketiga diperoleh nilaii sig sebesar 0,01 lebih kecil berlandaskan 0,05 dan F hitung 10,442 lebih besar berlandaskan 2.110 f tabel .Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada efektivitas antara model pembelajaran PBL pada Kurikulum Merdeka Belajar kepada hasil belajar matematika siswa baik semetode partial maupun stimulan.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran PBL Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnes Pramudita, D., Saifuddin Zuhri, M., & Pgri Semarang, U. (2020). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 3 Pamotan. 2 (1), 71–79.
Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987
Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatmawati, W., Zuhri, MS, & Purwaningsih, C. (2023). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TRIGONOMETRY HAND TRICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BAB TRIGONOMETRI DI SMAN 10 SEMARANG. Eksponen , 13 (1), 12-24.
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2),375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
Indarta, dkk. 2022. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,4(2), 3011–3024.
Kamiludin,K.,&Suryaman,M.(2017).Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia ,5(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391
Kurniasih, I.&Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Nuari, YR, & Assaibin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistis Bernuansa Keasyariahan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Matematika dan Statistika Terapan , 1 (1), 18-26.
Purwanto, A. (2002). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN.
Ravianto, J. (2014). Produktivitas dan pengukuran. Jakarta: Binaman Aksara.
Sakia, S., Nadir, M., & Zulmaizar, MM (2022, November). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Ma Nurul Ilmi Panggalo Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Dalam Jurnal Peqguruang: Conference Series (Vol. 4, No. 2, pp. 495-499).
Setyaningrum, W., Riani, A. L., & Wardani, D. K. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Ditinjau Dari Curiosity, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, Dan Kompetensi Peserta Didik.
Sherly, dkk. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Urbangreen Conference Proceeding Library, pp. 183-190.
Siagian, H. & Mellisa Simarmat. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terh Ad A P H As Il Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Kelas Xi Di Sma Swasta
Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R. D. (2020).Efektivitas Model Pembelajaran Proble Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 4 (1), 1. Https://Doi.Org/10.31331/Medivesveteran.V4i1.930
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5462
Article Metrics
Abstract views : 192 times |
PDF - 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


